Kamis, 14 Jun 2018 02:55 WIB

Apple Ancam Blokir Aplikasi yang Jual Data Pengguna

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Apple mulai berupaya melindungi data penggunanya dari tangan jahil. Sebagai bentuk nyata tindakannya, Apple pun akan memblokir aplikasi yang kedapatan menjual informasi kontak sang pengguna.

Ketika pertama kali menginstal suatu aplikasi, entah itu aplikasi berbasis VoIP, media sosial, hingga messenger pengguna akan dimintai izin untuk mengakses kontak. Biasanya kontak ini diperlukan untuk membantu penggunanya mencari teman berdasarkan kontak, membuat buku telepon, dan lainnya.

Alasan ini sendiri masih masuk akal. Namun, ternyata hal ini justru dimanfaatkan sejumlah orang yang tak bertanggung jawab dengan menjual informasi ini kepada pemasar dan pengiklan. Ini pun membuat Apple merasa geram.



Karenanya, beberapa waktu lalu Apple memberikan perubahan aturan dimana perusahaan berbasis Cupertino ini membatasi developer dan aplikasi menggunakan informasi kontak dan pertemanan, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (14/6/2018).

Apple sendiri berkomitmen untuk melindungi data penggunanya, terlebih di zaman sekarang data menjadi hal yang sangat penting dan rentan terhadap berbagai macam kasus penyalahgunaan.

Dengan adanya perubahan aturan ini, jika ada developer yang ketahuan menjual informasi kontak akan diblokir. Namun, masih belum jelas kapan Apple akan menerapkan aturan ini. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Minggu, 24 Jun 2018 15:10 WIB
    Facebook masih dalam sorotan publik terkait skandal kebocoran data Cambridge Analytica. Karenanya, hal lain yang berhubungan dengan data menjadi perhatian.