Rabu, 30 Mei 2018 15:27 WIB

Presiden Microsoft Puji Nyali Mark Zuckerberg

Virgina Maulita Putri - detikInet
Mark Zuckerberg menghadap parlemen. Foto: Reuters Mark Zuckerberg menghadap parlemen. Foto: Reuters
Jakarta - Presiden dan Chief Legal Officer Microsoft, Brad Smith, memuji tindakan Mark Zuckerberg dalam menghadapi regulator. Menurutnya, Zuckerberg sudah melakukan hal yang tepat dengan berkompromi dan memenuhi panggilan Kongres.

Berbicara di Code Conference di California, Smith memuji tindakan sang pendiri dan CEO Facebook yang tidak seagresif eksekutif Microsoft pada tahun 1990-an. Zuck dianggap sadar regulasi harus dipatuhi dan dia berani menghadapi masalah.

"Salah satu hal yang Mark Zuckerberg lakukan dengan baik ketika dia bersaksi adalah dengan mengatakan, 'Kita mengerti bahwa regulasi akan ditetapkan'," kata Smith, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (30/5/2018).

Smith kemudian mengaitkan skandal yang dialami Facebook dengan Microsoft yang dituduh pemerintah Amerika Serikat melakukan monopoli.



Smith merupakan bagian dari tim legal Microsoft dalam melawan tuduhan antikompetisi yang dijatuhkan regulator pada tahun 1998. Setelah perjuangan legal selama 4 tahun, juri memutuskan bahwa Microsoft melakukan monopoli. Namun, pada tahun 2004 Microsoft menyelesaikan kasus ini.

Menurutnya, keputusan pemimpin dan CEO Microsoft saat itu dinilai salah. Karena, urusan hukum ini menjadi distraksi bagi eksekutif Microsoft dan membiarkan kompetitor seperti Google dan Apple untuk mencuri start.

Smith mengerti bahwa pemimpin startup memiliki tendensi untuk berkompetisi, terutama ketika mereka masih baru dan butuh bertahan hidup. Namun, ada saatnya startup tidak lagi menjadi startup dan saat itu akan lebih sulit untuk berkompromi daripada terus melawan. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed