Minggu, 18 Mar 2018 07:30 WIB

Eropa Minta WhatsApp Tak Umbar Data ke Facebook

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Carl Court/Getty Images/ Ilustrasi WhatsApp. Foto: Carl Court/Getty Images/
London - WhatsApp setuju mengikuti permintaan Eropa untuk berhenti berbagi data dengan Facebook, hingga keduanya menemukan jalan yang memenuhi aturan Eropa.

Adalah General Data Protection Regulation (GDPR), lembaga perlindungan data Uni Eropa, yang menyampaikan permintaan tersebut kepada WhatsApp dan Facebook.

Kabar ini datang, setelah Information Commissioner's Office (ICO) yang berbasis di Inggris menyimpulkan sebuah penyelidikan terhadap kedua perusahaan tersebut untuk menentukan, apakah WhatsApp secara hukum bisa berbagi data dengan Facebook atau tidak, di bawah undang-undang Inggris.

Dikutip dari The Verge, Minggu (18/3/2018), laporan ICO menentukan bahwa WhatsApp dan Facebook tidak bisa berbagi data di luar WhatsApp menggunakan Facebook untuk pemrosesan data dasar.

Prancis juga memerintahkan Facebook dan WhatsApp berhenti berbagi data, dan memberi waktu untuk menaatinya dalam kurun waktu satu bulan.

Baik di Prancis maupun Inggris, aturan terhadap WhatsApp dan Facebook ini masih dalam tahap awal di negara masing-masing. Namun ketika GDPR mengetok palu pada Mei mendatang, aturan perlindungan data tersebut akan berlaku bagi seluruh Uni Eropa dan Inggris. (rns/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed