Kamis, 08 Mar 2018 11:23 WIB

Facebook, WhatsApp dan Instagram Dituding Curi 5 Fitur Ini

Moch Prima Fauzi - detikInet
BlackBerry Messenger. Foto: detikINET BlackBerry Messenger. Foto: detikINET
Jakarta - BlackBerry melayangkan gugatan kepada Facebook dan kedua anak perusahaannya WhatsApp dan Instagram. Ketiga perusahaan itu dituding telah mencuri hak cipta milik BlackBerry di layanan messaging BlackBerry Messenger (BBM).

Juru bicara BlackBerry, Sarah McKinney, mengatakan gugatan hukum terpaksa ditempuh setelah adanya kebuntuan dalam dialog yang dilakukan kedua belah pihak selama beberapa tahun.

"Facebook dan perusahaannya mengembangkan aplikasi yang bersaing secara tidak pantas dengan menggunakan hak cipta yang digunakan pada perpesanan BlackBerry," ujar McKinney.



Lantas paten apa saja yang dianggap telah dicuri Facebook, WhatsApp, dan Instagram menurut BlackBerry? Berikut ini daftarnya berdasarkan dokumen gugatan yang bersumber dari The Next Web, Kamis (8/3/2018).

1. "Sebuah metode yang memunculkan notifikasi pesan yang tidak terbaca di perangkat komunikasi nirkabel, yang terdiri dari: menampilkan setidaknya satu ikon yang berkaitan dengan pesan elektronik... memodifikasi secara visual setidaknya menampilkan satu ikon yang berkaitan dengan pesan elektronik termasuk karakter numerik yang mewakili jumlah pluralitas koresponden pesan yang berbeda di mana satu atau lebih pesan elektronik yang telah diterima dan belum terbaca". - Alias nomor berwarna merah yang mengindikasikan jumlah pesan yang belum dibaca.

2. "Metode, sistem, dan produk programming komputer... untuk membisukan pesan (di mana) jika sebuah pesan telah dibisukan, pengguna tidak akan lagi menerima notifikasi pesan baru yang ditambahkan dalam thread". - Alias kemampuan untuk membisukan percakapan.

3. "Sebuah metode memilih tag foto untuk foto yang memiliki tag yang terdiri dari: menyediakan bidang entry untuk memasukkan tag foto yang bergantung pada string yang dimasukkan oleh pengguna, menampilkan daftar penyesuaian tag dari satu atau lebih sumber tag terpilih yang menyesuaikan dengan string yang dimasukkan". - Alias kotak tag di Facebook yang memungkinkan pengguna memasukkan nama pengguna lain dan memilih namanya dari daftar entry secara otomatis untuk men-tag mereka.

4. "...menampilkan informasi waktu pada pesan di antarmuka pesan pengguna yang memberikan konteks sementara untuk komunikasi mereka tanpa harus menggulirkan layar dengan informasi yang tak penting." - Alias informasi waktu yang memberi tahu pengguna kapan pesan tersebut dikirimkan.

5. "Memungkinkan aplikasi game di sebuah perangkat elektronik yang memanfaatkan daftar kontak untuk sebuah aplikasi pesan instan agar bermain game dengan daftar kontak melalui identifikasi game yang dimainkan di daftar kontak." - Alias mengundang teman untuk bermain game mobile dengan pengguna.

Sementara itu ada pula persoalan soal hak cipta di sektor keamanan dan pengiriman pesan yang juga digugat oleh BlackBerry.

Pihak Facebook sendiri, melalui Deputy General Counsel, Paul Grewal, mengatakan akan menghadapi gugatan tersebut. Grewal menilai BlackBerry tidak lagi berupaya untuk berinovasi dan saat ini sedang mengejar 'pajak' dari inovasi kompetitor.

"Gugatan BlackBerry sayangnya mencerminkan keadaan bisnis perpesanannya saat ini. Setelah mengabaikan upaya untuk berinovasi, BlackBerry saat ini sedang mencari pajak inovasi dari (perusahaan) lainnya. Kami berencana untuk melawan," ujar Grewal.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui apa alasan BlackBerry menggugat Facebook di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed