Jumat, 08 Des 2017 00:05 WIB

Jalankan Roadmap e-Commerce, Ini Langkah Pemerintah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Guna menjalankan roadmap e-Commerce yang sudah dicetuskan, pemerintah kemudian membentuk Kelompok Kerja (Pokja). Ini tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) atau e-Commerce yang diundangkan pada Agustus 2017 lalu.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatka (Menkominfo) Rudiantara bahwa pemerintah telah membahas e-Commerce di Kementerian Koordinator Ekonomi.

"Rapat tadi membahas tentang review Perpres roadmap e-Commerce. Salah satu kesimpulannya untuk lebih efektif dan fokus, dibentuk pokja karena inisiatifnya ada 31," ujarnya dalam sosialisasi dan peresmian interoperabilitas sistem pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Aston Kuningan Suites, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Pembentukan pokja tersebut, lanjut Rudiantara, berada di bawah steering committee. Adapun pokja itu difokuskan kepada tiga hal. Pertama, berkaitan dengan perdagangan yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan. Kedua, berkaitan dengan infrastruktur, platform, dan ekosistem dilakukan Menkominfo. Ketiga, berkaitan dengan sistem pembayaran, pajak, cukai, dan lain-lain.

"Karena ada cross border segala rupa. Orang beli di mana, orang beli software di luar negeri terus download di mana, itu ada cross border-nya. Jadi, tiga fokus itu pokjanya," tambah Rudiantara.

Pria yang disapa Chief RA ini menyebutkan pokja tersebut sudah bisa langsung berjalan sekarang juga agar roadmap e-commerce bisa diimplementasikan segera.

"Sehingga pokja ini fokus kerjanya. Dengan dibentuknya pokja diharapkan adanya akselerasi," ucapnya.

Dikeluarkannya Perpres roadmap e-Commerce ini bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong pencapaian ekonomi digital senilai USD 130 miliar pada 2020 mendatang.

Roadmap e-Commerce ini juga menyangkut tentang pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia, infrastruktur komunikasi, logistik, dan keamanan siber. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Senin, 28 Mei 2018 03:23 WIB
    Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Bahkan revolusi industri generasi keempat ini telah dibicarakan dan gaungnya semakin nyaring terdengar di Indonesia.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.