Kamis, 10 Agu 2017 15:17 WIB

Sudah Bisa Diakses, Telegram Lepas dari Pemblokiran?

Yudhianto - detikInet
Telegram. Foto: Getty Images Telegram. Foto: Getty Images
Jakarta - Bisa jadi blokir terhadap layanan pesan instan Telegram segera dicabut, tinggal menunggu 'peresmiannya'. Pasalnya dari pantauan detikINET, akses web Telegram sudah bisa diakses.

Seperti diketahui, akses web Telegram sempat diblokir lantaran dianggap menyebarkan konten-konten berbau radikalisme. Sejumlah penyedia internet pun telah menerima surat edaran dari Kementerian Informatika dan Komunikasi (Kominfo) untuk melakukan pemblokiran.

Pemblokiran ini pun sempat menuai pro dan kontra dari netizen. Sebagian menyebut pemerintah terlalu cepat memutuskan pemblokiran terhadap layanan pesan instan besutan Pavel Durov ini, tanpa terlebih dahulu melihat sisi positifnya.

Namun sejak kedatangan Durov menemui Menteri Kominfo Rudiantara belum lama ini, tampaknya pemerintah mulai melunak. Pasalnya pantauan detikINET membuktikan kalau akses web Telegram saat ini sudah mulai bisa diakses.


Durov memang sudah mengungkapkan komitmennya untuk membantu pemerintah dalam mengatasi konten-konten radikal. "Kami berharap bisa melakukannya dengan cepat dan tepat sasaran," kata pria yang suka mengenakan pakaian berwarna hitam itu.

Hanya saja menurut sejumlah informasi yang beredar, akses web belum bisa dilakukan di semua jaringan. Beberapa penyedia sambungan internet disebut masih belum membuka akses web Telegram

Sementara itu pihak Kominfo sendiri kabarnya akan memastikan keputusan mengenai nasib pemblokiran web Telegram pada sore ini.

Jika benar, berarti Durov bisa bernapas lega. "Anda tahu bahwa Indonesia adalah negara yang saya suka, kita punya 20 ribu pengguna yang mendaftar setiap harinya, sementara secara global kita memiliki 600 ribu pengguna yang mendaftar setiap harinya," kata dia.

(yud/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed