Sabtu, 15 Apr 2017 13:12 WIB

Mobil Otonom Apple Dapat Izin Uji Coba di California

Dadan Kuswaraharja - detikInet
Foto: ilustrasi/istimewa Foto: ilustrasi/istimewa
Jakarta - Sama seperti perusahaan teknologi lainnya, Apple turut tertarik mengembangkan mobil otonom. Upaya raksasa Cupertino, Amerika Serikat ini bahkan selangkah lebih maju dalam pengembangan mobil otonom dan mendapatkan izin untuk mengetes mobil tanpa sopir di California.

Pemerintah California seperti dilansir Reuters, Sabtu (15/4/2017) memberikan izin kepada Apple untuk menjajal 3 mobil dengan 6 pengendara. Mobil-mobil itu semuanya adalah mobil Lexus RX450h. Demikian disampaikan otoritas Department of Motor Vehicles atau dikenal dengan Samsat-nya California.

"Ini membuktikan apa yang selama ini sudah menjadi isu, Apple ikut serta dalam permainan otonom," ujar Presiden Theodore & Associates, Chris Theodore. Thedore yang saat ini menjadi konsultan adalah mantan wakil presiden di Ford dan Chrysler.

Apple selama ini tidak pernah terbuka ke publik soal pengembangan mobil listrik atau otonom. Namun Apple sudah merekrut lusinan tenaga ahli dari industri otomotif dalam beberapa tahun terakhir.

Namun dengan adanya izin ini, bukan berarti Apple akan membuat mobil sendiri. "Tapi kemungkinan Apple akan membuat perangkat lunak atau perangkat keras yang ditujukan untuk teknologi otonom," ujar Theodore.

Apple akan bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar dalam mengembangkan mobil otonom. Sebut saja seperti Google, Ford Motor Co, Volkswagen AG, Daimler AG, Tesla Motors Inc dan General Motors Co.

Banyak perusahaan yang mengatakan mobil otonom pertama akan dirilis ke pasaran tahun 2020, tapi para ahli memprediksi akan lebih lama dari itu karena menunggu perubahan peraturan di masing-masing negara.

Jurubicara Apple enggan berkomentar mengenai pemberian izin untuk pengetesan tersebut. Namun dia merujuk kembali pada pernyataan yang dirilis Apple bulan November lalu pada Badan Keselamatan dan Lalu Lintas Jalan Amerika (NHTSA), soal mobil tanpa sopir.

"Perusahaan berinvestasi dalam dana yang besar untuk mempelajari mengenai permesinan dan automasi, dan kami sangat tertarik dengan potensi sistem automasi di berbagai area termasuk transportasi," ujar Direktur Apple Steve Kenner, dalam surat sebanyak 5 lembar kepada NHTSA. (ddn/mag)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed