Kamis, 30 Mar 2017 14:14 WIB

Go-Jek dan Blue Bird Akur Berkat Rayuan Menhub

Eduardo Simorangkir - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku sempat membujuk dua penyedia layanan transportasi beda era, Blue Bird dan Go-Jek untuk berkolaborasi. Kolaborasi antara dua layanan transportasi ini kata dia sebagai perwujudan bahwa munculnya inovasi teknologi tidak akan merugikan, justru menjadi peluang untuk bisa tetap mengembangkan bisnis bagi kedua belah pihak.

"Saya sudah ngomong, baiknya kalian gabung. Blue Bird sempat bilang enggak mungkin. Tapi saya senang, ini mereka gabung. Pencairan ini tumbuh. Ini menjadi bukti," katanya saat menghadiri acara peluncuran layanan Go-Blue Bird pada aplikasi Go-Jek di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/3/2017).



Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan telah berupaya membuat regulasi sejak enam bulan lalu. Regulasi ini diperlukan agar kedua belah pihak tidak terjadi kerugian di masa mendatang, sehingga juga tercipta kesetaraan, tidak ada yang dirugikan.


"Regulasi ini kita buat hati-hati. Taksi in sudah hidup puluhan tahun. Dengan adanya online, ini kan keniscayaan (sudah pasti). Ini makanya perlu ada equility dan kesetaraan. Pelaku-pelaku bisnis ini bisa berjalan sama-sama. Tapi masyarakat juga enggak bisa dibohongi. Dengan kerendahan hati, enggak ada niat saya untuk menciderai salah satu pihak. Kita sudah coba bikin formulasi," ujarnya.



"Regulasi tentang tarif, dan bagaimana menyampaikan. Kita buka ruang diskusi. Kita cari format yang enak. Ada tarif regulasi online sama existing ini jadi satu. Kami berfikir dan pelan-pelan, kami lakukan pembicaraan. Harapan kita dengan ini semua bisa nurut sama Permen 32 ini. Semoga semuanya bisa saling mendukung," pungkasnya.

Seperti diketahui, hari ini Go-Jek dan Blue Bird melakukan sinergi dengan menyediakan layanan Go-Blue Bird pada aplikasi Go-Jek. Sebelumnya, pelanggan Go-Jek hanya bisa mendapatkan taksi Blue Bird dari menu Go-Car.

Kerja sama ini menjadi upaya dari peningkatan aksesibilitas pelanggan terhadap layanan Blue Bird, sekaligus memberikan produktivitas lebih banyak bagi driver atau pengemudi. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed