Nokia: Apple Pecundangi Hak Paten Kami

Nokia: Apple Pecundangi Hak Paten Kami

ADVERTISEMENT

Nokia: Apple Pecundangi Hak Paten Kami

- detikInet
Jumat, 23 Okt 2009 13:17 WIB
Jakarta - Fenomena gugat menggugat antar raksasa teknologi memang sering terjadi. Kali ini, Nokia menyeret produsen iPhone, Apple ke meja hijau atas tudingan melanggar hak paten.

Dalam gugatan yang didaftarkan produsen ponsel asal Finlandia ini di Pengadilan Delaware, Amerika Serikat, disebutkan bahwa Apple telah melanggar hak paten Nokia atas teknologi yang memungkinkan iPhone untuk membuat panggilan dan terhubung dengan mobile internet.

Nokia menuding Apple menolak untuk membayar penggunaan hak kekayaan intelektual yang telah dikembangkannya, yakni teknologi yang memungkinkan handset untuk terhubung dengan 3G, jaringan nirkabel, dan teknologi LAN nirkabel.

"Apple mencoba mengeruk keuntungan dari inovasi Nokia," tuding Ilkka Rahnasto, Vice President Nokia bidang hukum dan hak intelektual, seperti dikutip detikINET dari Businessweek, Jumat (23/10/2009).

Sejatinya, kedua perusahaan ini telah melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan dimana Apple diminta untuk membayar penggunaan teknologi yang 'dicomotnya' dari Nokia. Namun, pembicaraan keduanya tidak membuahkan kesepakatan, hingga akhirnya Nokia memutuskan untuk membawa kasus ini ke jalur hukum.

Gugatan Nokia atas Apple ini tentu saja semakin memanaskan suhu persaingan di antara keduanya. Sejak Apple menggelontorkan smartphone iPhone beberapa waktu lalu, posisi Nokia sebagai raja di bisnis ponsel memang mulai terancam.

Kehadiran iPhone mulai menggerogoti pasar Nokia. Tentunya ini membuat Nokia ketar-ketir. Melalui gugatannya, Nokia berharap bisa mendapatkan ganti rugi dari Apple. Terkait gugatan yang dilayangkan Nokia ini, pihak Apple masih bungkam. (faw/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT