Telkomsel Tuding XL Bersaing Tidak Sehat

Telkomsel Tuding XL Bersaing Tidak Sehat

- detikInet
Rabu, 26 Nov 2008 01:55 WIB
Jakarta - Telkomsel menuding kompetitornya, Excelcomindo Pratama (XL), telah melakukan praktik persaingan tidak sehat dengan membakar umbul-umbul milik Telkomsel di Sidikalang, Sumatera Utara.

GM Corporate Communications Telkomsel, Azis Fuedi, dengan berang mengatakan kasus pembakaran ini telah menodai era kompetisi berbasis kualitas layanan yang sedang dikumandangkan pemerintah melalui Peraturan Menkominfo No.12/2008.

"Tingginya investasi dan sengitnya kompetisi di industri selular membuat operator yang tidak siap menjadi salah kaprah sebatas banyak-banyakan materi promosi dan iklan, bukan mengedepankan kualitas layanan," cibirnya dalam siaran pers yang dikutip detikINET, Rabu (26/11/2008).

Tanpa perlu menunggu lama, XL pun langsung bereaksi. Dalam klarifikasinya, Febriati Nadira, Manager Public Relations XL, menyatakan pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap softcopy foto yang jadi bukti acuan Telkomsel untuk menuding XL.

Foto itu ternyata diambil pada 12 Januari 2008. "Kami sudah melakukan pengecekan bahwa orang yang terdapat dalam foto tersebut bukan karyawan XL, walaupun yang bersangkutan terlihat menggunakan atribut XL," sanggah Ira, demikian ia biasa dipanggil.

Menurut Ira, berdasarkan fakta di lapangan, para outlet, dealer dan para petugas operator juga berkompetisi sehingga kerap menimbulkan permasalahan. Namun biasanya, masalah bisa langsung dapat diselesaikan di lapangan.

XL juga mengklaim punya foto dan beberapa bukti lain tentang kasus serupa yang telah menimpa pihaknya. "Bahkan hingga tindak kekerasan," sergah Ira.

"Kami sangat menyayangkan karena sebagai pemimpin pasar, Telkomsel tidak melakukan klarifikasi terlebih dahulu. Sebab, kami juga sangat menjunjung tinggi etika persaingan sehat," tandas Ira dalam pernyataan tertulis XL.

Keterangan Foto: VP Telkomsel Area Sumatera Mirza Budiawan (kanan) dan GM Corporate Communications Azis Fuedi memperlihatkan foto-foto pembakaran umbul-umbul Telkomsel oleh pihak XL di Sidikalang, Sumatera Utara.




(rou/rou)