KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Jumat, 07 Jul 2017 18:56 WIB

Hoax or Not

Salah Kaprah Pesan Berantai Tentang Manfaat Petai

Alfons Tanujaya - detikInet
Petai jadi pesan berantai. Foto: Getty Images Petai jadi pesan berantai. Foto: Getty Images
Jakarta - Mungkin Anda sudah pernah menerima pesan broadcast lewat WhatsApp tentang khasiat makan 30 petai sehari. Benarkah, atau sekadar hoax? Begini penjelasannya.

Siapa yang tidak ingin mendapatkan obat dewa? Obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, dari penyakit jantung, darah tinggi, ancaman kebutaan dan amputasi.

Apalagi kalau obatnya murah meriah dan bisa di dapatkan dengan mudah di pasar. Sumber informasi yang beredar juga cukup terpercaya, postingan broadcast dari teman baik di group WhatsApp dengan video yang disampaikan oleh endorser berjas yang sudah berumur yang sangat meyakinkan.

Apalagi video tersebut di dukung dengan postingan lain dari teman group yang juga tidak mau kalah menambahkan informasi tentang khasiat tanaman dewa ini. Dijamin semua penerima pesan Whatsapp yang peduli kesehatan berada di awang-awang.

Celakanya, jika hal tersebut diikuti, bukan kesehatan yang didapatkan dari obat dewa ini, tetapi penikmat obat dewa ini terancam menderita gagal ginjal dan asam urat. Anda jadi takut?

Sebaiknya takut dan percayakan masalah kesehatan anda kepada dokter ahlinya dan jangan kepada broadcast media sosial, baik di Whatsapp, Facebook, Twitter, atau lainnya.

Video Berbahasa Melayu

Teman Anda tentu tidak berniat mencelakakan anda, malahan mereka sebenarnya berbaik hati membagikan informasi yang sangat berguna untuk Anda. Mungkin teman anda agak sedikit narsis atau ingin mendapatkan perhatian dengan mengirimkan video ini, jangan disalahkan atau dimarahi.

Tetapi saran Vaksincom, anda juga jangan mentah-mentah menelan informasi yang diberikan, dari siapapun itu sebelum melakukan crosscheck dengan baik. Adapun posting yang dipercaya sebagai endorsemen untuk tanaman pete adalah seperti pada gambar di bawah ini (lihat gambar 1) :

Gambar 1: Posting video manfaat Pete yang luar biasa diikuti posting endorser lainnya

Jika anda penasaran seperti apa video yang dipostingkan, silahkan lihat di sini :



Dari video berdurasi 2:20 menit tersebut pembicara yang diperkirakan sudah cukup berumur dan menderita kencing manis dengan komplikasi ke jantung, darah tinggi, ancaman kebutaan dan amputasi kaki memberikan kesaksian bahwa ia sembut setelah meminum obat dewa yang ditafsirkan oleh pendengarnya (yang langsung sorak-sorak bergembira) sebagai Pete.

Bukti bahwa penerima video menafsirkan obat dewa yang dimaksudkan sebagai pete / petai dapat dilihat pada video-video yang di upload ke Youtube sebagai berikut (lihat gambar 2):

Gambar 2: Video youtube tentang kebaikan makan Petai/Pete

Dengan judul :
• Petai save his life
• Khasiat Petai
• Ternyata, Petai bisa
• Makan Petai .. Penyakitnya sembuh
• MANFAAT PETE
• KEBAIKAN MAKAN PETAI
• PETE! Inilah Manfaat & Kesaksian dari Si Buah Ajaib ini
• Khasiat pete

Jika Anda langsung percaya dan memutuskan untuk memulai petualangan Pete anda, harap berhati-hati. Pete memang bermanfaat untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin C, A, B6 dan B12.

Serta mengandung potassium dan zat besi, naun konsumsi Pete yang berlebihan akan mengakibatkan gagal ginjal dan asam urat. Dan jelas jika kesaksian seperti di video dimana ia menelan 30 butir pete setiap hari selama sebulan di ikuti, bukan kesembuhan atas penyakit kencing manis yang anda dapatkan tetapi anda malah akan mendapatkan gagal ginjal karena ginjal anda dipaksa bekerja keras karena konsumsi pete yang berlebihan.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksudkan oleh endorser 'pete' di atas? Apakah ia berniat mengelabui orang lain, atau mungkin ia investor pete yang baru membeli kebun pete berhektar-hektar dan memiliki kepentingan kalau harga pete naik?

Setelah diteliti, rupanya endorser dengan logat melayu tersebut bukan menyebutkan Pete atau Petai, melainkan tablet makanan kesehatan Purtier yang dalam bahasa Inggris harusnya dilafalkan: Pherthier. Tetapi dalam telinga orang Melayu terdengar sebagai Pete (lihat gambar 3)

Gambar 3: Purtier yang terdengar seperti Pete


Purtier sendiri adalah makanan suplemen yang diklaim dapat menyembuhkan banyak penyakit dan meremajakan sel. Vaksincom menyerahkan kepada anda sendiri untuk memutuskan apakah klaim tersebut benar atas tidak. Namun yang jelas, saran yang diberikan dokter untuk menjaga kesehatan juga tidak mahal-mahal amat kok.

Bukan dengan meminum obat dewa, tetapi menjaga pola makan yang sehat diikuti dengan pola hidup yang sehat seperti teratur berolahraga setiap hari.

Vaksincom mengucapkan terimakasih kepada Dokter Sindhiarta Mulya atas pencerahan yang diberikan atas manfaat Pete.

(rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed