KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Senin, 12 Sep 2016 16:46 WIB

KlinikINET

Virus 'Gadis Mabuk' Hantui Android?

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikInet
(ilustrasi) (ilustrasi)
Jakarta - Masalah virus gadis mabuk lagi ramai di Facebook. Selain di browser Chrome dan Firefox, apa bisa menjangkiti OS lain seperti Android? Karena banyak yang menggunakan Facebook di smartphone tanpa log out terlebih dahulu.

Jawaban:

Menurut pengetesan yang dilakukan lab Vaksincom, Gadis Mabuk adalah aksi autoposting di akun Facebook yang dilakukan oleh ekstensi/add-ons peramban Google Chrome dan Firefox.

Jadi jika korbannya mengklik posting Gadis Mabuk melalui peramban Google Chrome dan Mozilla Firefox dari komputer akan memicu rekayasa sosial yang menipu korbannya untuk menyetujui instalasi ekstensi/add-ons di kedua peramban di atas. Karena yang diincar adalah peramban, jadi kemungkinan bukan hanya OS Windows yang terancam dan OS lain yang menggunakan Firefox dan Google Chrome pun tidak tertutup kemungkinan bisa terinfeksi.

Namun jika posting FB Gadis Mabuk diklik dari smartphone / Tablet, saat ini masih belum melakukan instalasi ekstensi meskipun peramban yang digunakan Chrome karena sistem ekstensi di smartphone Android tidak kompatibel dengan sistem ekstensi Chrome di komputer.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah jika posting FB Gadis Mabuk ini diklik dari Smartphone, ia akan menampilkan iklan dan mengarahkan instalasi dua Apps UC Browser dan DU Speed Booster seakan-akan jika Anda ingin melihat video Gadis Mabuk perlu menginstal dua aplikasi ini.

Saran Vaksincom, jangan instal apps ini dan hindari aplikasi yang diarahkan oleh malware. Jika sudah terinstal dan Anda tidak menginginkan apps ini, silakan uninstal dan hanya gunakan apps yang terpercaya. (jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Tips Sewakan Apartemen Lewat Internet

    Tips Sewakan Apartemen Lewat Internet

    Kamis, 19 Okt 2017 17:51 WIB
    Internet jadi pilihan mudah dalam mempromosikan apartemen yang akan disewakan. Namun ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar apartemen cepat tersewa.
  • Orang Kota Cari Apartemen Secara Online

    Orang Kota Cari Apartemen Secara Online

    Kamis, 19 Okt 2017 17:07 WIB
    Dulu, menyambangi kantor properti menjadi cara paling mudah mencari apartemen idaman. Tapi kini tren berubah, masyarakat kota lebih memilih lewat jalur online.
  • Begini Cara Pantau Lokasi Teman di WhatsApp

    Begini Cara Pantau Lokasi Teman di WhatsApp

    Kamis, 19 Okt 2017 15:47 WIB
    Ketersediaan Live Location WhatsApp sedang dirilis bertahap bagi semua pengguna. Berikut cara kerja fitur baru yang bisa dipakai untuk memantau lokasi tersebut.