Ponsel Overheat, Seberapa Panas Batasnya?

Ponsel Overheat, Seberapa Panas Batasnya?

- detikInet
Senin, 19 Agu 2013 16:35 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Dalam suatu artikel, bapak pernah mengatakan agar mewaspadai panas berlebih atau overheat pada gadget, terutama saat pengecasan untuk menghindari kerusakan atau bahkan meledaknya gadget.

Apakah itu berarti ketika selesai menggunakan gadget dan saat gadget tersebut agak panas, kita harus menunggu dingin baru boleh di-charge? Atau tidak apa-apa langsung di-charge saja? Karena kebiasaan saya mengunakan gadget sebelum tidur kemudian ditinggal, takutnya meledak saat di-charge karena terlalu panas.

[Alfons]

Definisi panas di sini adalah panas yang luar biasa. Kalau mau pakai ukuran celcius kira-kira lebih dari 50 derajat. Apalagi kalau sampai lebih dari 100 derajat celcius itu Anda harus cepat-cepat menjauh dari ponsel atau mencabut sumber listrik charging.

Kalau baterai di-charge harusnya memang suhu baterai sedikit naik sampai sekitar 40-an derajat celcius harusnya tidak ada masalah. Tapi tolong perhatikan kalau Anda menggunakan cover pelindung yang menyerap panas sehingga mendeteksi panas luar biasa pada ponsel menjadi tidak akurat/kurang sensitif.

Saran saya, kalau sedang di-charge waktu Anda tidur, jauhkan ponsel dari bagian tubuh, ranjang atau bahan mudah terbakar dan kalau memungkinkan, matikan/shutdown ponsel Anda.


(jsn/ash)