Mengoptimalkan Aplikasi Pencari Ponsel

Klinik Security

Mengoptimalkan Aplikasi Pencari Ponsel

- detikInet
Kamis, 11 Apr 2013 13:57 WIB
gdata mobile protect (Vaksincom)
Jakarta - Bagaimana mengoptimalkan penggunaan aplikasi pencari ponsel seperti 'wheres my phone' yang tersedia di Android? Bagaimana cara menggunakannya jika ponsel tersebut benar-benar hilang?

(Citra Trivia, Wanita, 27th)

Jawaban [Vaksincom]:

Dear Citra,

Menurut pencarian yang Vaksincom lakukan, tidak ada aplikasi dengan nama “Wheres My Phone” di Google Play. Kemungkinan kamu maksudkan aplikasi dengan nama “Find My Phone” (13.335 download) atau “Wheres My Droid” (80,632 download).

Find My Phone

Find My Phone sesuai namanya adalah aplikasi untuk menemukan smartphone anda. Tekniknya adalah dengan menggunakan triangulation yang menggunakan jarak smartphone dengan 3 BTS terdekat untuk menentukan posisi smartphone, digabungkan dengan data GPS.

Aplikasi ini harus diinstal di smartphone yang ingin dipantau dan memantau. Dengan informasi posisi yang diberikan, anda dapat melakukan navigasi ke lokasi smartphone yang anda pantau, selama aplikasi tersebut berjalan.

Find my phone banyak digunakan untuk memonitor anggota keluarga (anak, manula, pasangan :p), mendapatkan lokasi teman anda di alam bebas, panduan antar teman ketika sedang bepergian jauh. Namun sepengetahuan kami saat ini provider di Indonesia masih belum memberikan akses pada data triangulation dan fitur ini hanya dapat diaktifkan pada provider Amerika Serikat: Verizon, T-Mobile, Sprint dan AT&T.

Karena itu, di Indonesia data yang diandalkan adalah data dari posisi GPS dan bukan triangulation. Supaya aplikasi ini bisa optimal ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan :

1. Pastikan bahwa telepon backup yang kamu gunakan untuk remote smartphone anda selalu dalam jangkauan dan nomornya selalu aktif sewaktu-waktu jika anda perlu menggunakan untuk keperluan remote smartphone anda yang hilang. Baik untuk menemukan posisi, membunyikan ringtone atau memformat smartphone yang hilang.

2. Harap pastikan anda mengaktifkan fitur pelacak dan deteksi otomatis jika kartu SIM diganti dimana smartphone akan secara otomatis mengirimkan pesan berisi lokasi GPS secara berkala.

3. Pastikan aplikasi sekuriti anda terlindungi (tidak mudah di uninstal) dan pastikan bahwa anda mengaktifkan pengunci layar smartphone aktif secara otomatis jika smartphone tidak digunakan dalam waktu tertentu. Pastikan password akses/pattern smartphone anda cukup sulit untuk ditebak.

4. Jika anda memiliki data penting di SD Card, kami sarankan pilih aplikasi yang memiliki kemampuan memformat data SD Card secara remote seperti “Wheres My Droid Pro”.


Salam,
Vaksincom


(jsn/ash)