Sama-sama Linux, Ubuntu Dapat Terinfeksi Virus Android?

Klinik Internet Security

Sama-sama Linux, Ubuntu Dapat Terinfeksi Virus Android?

- detikInet
Rabu, 27 Feb 2013 10:31 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Apakah virus yang ada di OS Android bisa menginfeksi OS ubuntu? Sebab kedua OS tersebut bersumber dari kernel yang sama yaitu Linux.

(Chandra, Pria, 17th)

Bung Chandra,

Sepengetahuan Vaksincom, saat ini belum ditemukan adanya malware yang berjalan di OS Android dan kompatibel dengan OS Ubuntu (PC). Walaupun Android menggunakan kernel Linux termasuk Ice Cream Sandwich yang menggunakan kernel versi 3.X, tetapi ada beberapa hal yang membuat banyak aplikasi di Android (termasuk malware) tidak dapat berjalan dengan baik pada distribusi Linux lainnya termasuk Ubuntu :

- Kernel Linux yang digunakan oleh Android sudah mengalami beberapa perubahan arsitektur yang membuatnya berbeda dengan kernel Linux konvensional lainnya.

- Android tidak memiliki dukungan terhadap X windows dan tidak mendukung GNU library, hal ini membuat sulit untuk porting aplikasi Linux yang sudah ada di Android.

Jadi secara teori kalau sesama kernel Linux saja sudah tidak kompatibel dan OS Linux aman dari infeksi malware Android, tentunya OS lain jauh lebih aman dong, kan kernelnya beda. Tetapi kenyataan di lapangan terkadang berbeda dengan teori, lapangan Monas tidak jadi tempat nonton orang gantung diri.

Pada bulan Februari 2013, ditemukan malware Droid Cleaner yang memalsukan dirinya sebagai aplikasi yang bisa meningkatkan kecepatan performa smartphone Android yang ternyata merupakan serigala berbulu domba alis malware yang menginfeksi Android.

Selain menginfeksi smartphone Android dan menyebabkan banyak kerugian, ketika terhubung ke komputer dengan OS Windows yang ibaratnya anak tetangga dan bukan sesama saudara kandung ia malahan mampu menginjeksikan virus ke OS Windows tersebut melalui USB Drive emulation.

Salam,
Vaksincom


(jsn/ash)