Android Milik Google atau Linux?

Klinik Internet Security

Android Milik Google atau Linux?

- detikInet
Rabu, 13 Feb 2013 13:07 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Sebenarnya Android itu hak milik dari Linux atau Google? Saya sampai sekarang masih bingung dengan kepemilikan OS Android. Apakah milik Google atau Linux, tetapi kata guru saya Android itu salah satu OS dari Linux. Mohon Penjelasannya.

(alfansofi, Pria, 15th, alfansofi@gmail.com)

Jawaban [Vaksincom]:

Waduh, pertanyaan kamu bikin muter otak juga nih ha ha ha. Saya bukan ahli Android tetapi berdasarkan beberapa sumber yang terpercaya kira-kira gambarannya begini :

Android adalah sistem operasi yang dibangun berdasarkan Linux OS dan sifatnya “open source”. Jadi agak sulit menjawab siapa yang memiliki suatu OS open source. Bisa dijawab semua orang memiliki itu atau tidak ada siapapun yang memilikinya :).

Memang OS Android pada awalnya dibangun oleh Android Inc yang secara finansial didukung oleh Google dan akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2005. Android diluncurkan pada tahun 2007 bersamaan dengan pendirian OHA Open Handset Alliance, konsorsium yang saat ini (Februari 2013) terdiri dari 84 perusahaan hardware, software dan telco seperti HTC, Samsung, Sony, Dell, Intel, Motorola, Qualxomm, LG, Nvidia dan T-Mobile yang memiliki misi membuat satu standar terbuka untuk peralatan mobile, awalnya hanya smartphone dan tablet tetapi saat ini mulai banyak peralatan elektronik lain menggunakan Android seperti TV, Lemari es dan peralatan lainnya.

Kalau melihat dari kontribusinya, Google merupakan kontributor terbesar Android tetapi tidak bisa dikatakan sebagai pemilik Android. Google tidak mendapatkan royalti langsung dari penggunaan Android dan hanya mendapatkan penghasilan tidak langsung seperti iklan search di Android, hal yang sama didapatkan Google juga dari iPhone dan Windows Phone. Inilah salah satu sebabnya Apple mengalami kesulitan menuntut Google dan memilih menuntut Samsung.

Malahan, pendapatan Google dari iOS (Youtube, Google Map dan Google Search) pada tahun 2011 beberapa kali lipat lebih besar daripada pendapatannya di Android. Dan satu fakta yang lebih mencengangkan lagi, Microsoft mendapatkan keuntungan besar di tahun 2012 dari penjualan smartphone dimana pada salam satu kuartal saja ia berhasil mendapatkan 800 juta dolar dari Samsung dan HTC, tetapi royalti itu bukan datang dari handset Windows Phone, tetapi dari Android dimana Samsung dan HTC lah yang harus membayar royalti kepada Microsoft setiap kali menjual smartphone Android.


(jsn/ash)