Membasmi Virus Ultrasurf Si Penyebab Quick Format

Klinik Internet Security

Membasmi Virus Ultrasurf Si Penyebab Quick Format

- detikInet
Kamis, 11 Okt 2012 16:14 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Mohon bantuannya untuk membersihkan komputer dari virus 'iloveyoumindhack', sebaiknya menggunakan antivirus apa? saya sudah coba instal antivirus tapi virus ini menonaktifkan fungsi RTP-nya.

(Afrian, Pria, 24Th)

Jawaban [Vaksincom] :

Kemungkinan besar yang kamu maksudkan adalah virus ultrasurf/mindhack atau lebih tepatnya virus yang diinjeksikan ke dalam aplikasi Ultrasurf bajakan yang marak beredar di internet.

Menurut pengamatan Vaksincom, situs yang sampai saat ini masih aktif menyebarkan program bajakan ultrasurf dengan dengan iming-iming penggunanya mendapatkan koneksi internet gratis ini selain mengandung virus mindhack juga mengandung virus Hupigon.MBFS.

Dan dalam aksinya virus mindhack ini memang menggunakan file dengan nama Ultrasurf dan menggantikan program firefox dengan file virus sehingga user yang menjalankan program firefox di komputer yang terinfeksi virus akan menjalankan virus ini.

Vaksincom menyarankan anda untuk menghindari unduhan dari situs-situs yang tidak terpercaya atau setidaknya sebelum melakukan instalasi atas file yang anda ragukan lakukan dulu BACKUP pada semua file penting yang anda miliki pada piranti backup yang terpisah seperti ext. HDD atau DVD Rom dan jangan dihubungkan ke komputer anda sewaktu anda melakukan instalasi.

Aksi ultrasurf ini sangat jahat karena ia akan melakukan format kilat (quick format) pada seluruh hardisk di komputer yang menjalankan virus ini termasuk hardisk yang sedang di-mount.

Jika anda menjadi korban format dari virus mindhack dan ingin melakukan data recovery atas data yang hilang kami sarankan anda untuk segera melepaskan HDD anda dan jangan melakukan instal ulang pada HDD tersebut, jadikan HDD tersebut sebagai slave dan lakukan Data Recovery dari komputer lain yang bersih dari virus.

Kalau ada antivirus yang RTP (real time pretectionnya) dinonaktifkan oleh virus, kami sarankan anda untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu pada virus tersebut dengan Norman Malware Cleaner atau Dr Web CureIt untuk membersihkan virus dari komputer anda sebelum melakukan instalasi program antivirus.

Untuk program antivirus yang direkomendasikan silakan anda lihat rekomendasi dari Virus Bulletin.


(jsn/ash)