Virus Sality Sudah Dihapus Tapi Kembali Lagi

Klinik Internet Security

Virus Sality Sudah Dihapus Tapi Kembali Lagi

- detikInet
Senin, 24 Sep 2012 10:58 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Mohon bantuannya, untuk menghapus virus Sality pakai antivirus apa ya? Ini kasusnya sudah berhasil dihapus tapi kembali lagi muncul virusnya dan terus berulang. Dampak panjang apabila tetap tidak dapat dihapus bagaimana?

(Yunita, Wanita, 30th)

Jawaban [Vaksincom] :

Saya asumsikan kamu memang sudah berhasil membersihkan Sality dengan baik dan tuntas. Jika komputer kamu terhubung ke jaringan, kemungkinan besar Sality yang kamu bersihkan tersebut kembali karena ada file aplikasi yang dishareing di jaringan (Full Access) dan aplikasi tersebut di infeksi kembali oleh komputer lain di jaringan yang masih terinfeksi Sality dan aplikasi tersebut dijalankan oleh komputer kamu.

Karena itu, jika jaringan kamu memiliki aplikasi yang digunakan bersma, sebaiknya permission folder/aplikasi tersebut di set "Read Only" dan jangan "Full Access" untuk mempersulit virus yang ingin menginjeksi aplikasi yang dishare tersebut.

Jika kamu tidak terhubung ke jaringan dan terinfeksi kembali, artinya pembersihan Sality yang lakukan tidak tuntas.

Untuk memastikan kamu terlindung dari infeksi ulang Sality, gunakan antivirus yang memiliki fitur On Access Scanner yang tangguh dan dapat menangkap Sality pada file sharing sebelum dijalankan pada komputer anda.

Jika anda berminat silahkan unduh G Data Antivirus disini. Apabila anda mengalami kesulitan mengunduh file instalasi yang cukup besar (341MB) anda dapat mengkopi ke Vaksincom atau reseller Vaksincom di seluruh Indonesia. Jika anda ingin mendapatkan DVD intalasi G Data secara gratis dikirimkan ke tempat anda, anda dapat meminta ke Vaksincom dengan mengganti ongkos kirim (sesuai ketentuan Tiki) + Rp. 5.000,-


(jsn/ash)