KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian dikenal sebagai pengamat gadget dan pendiri komunitas penggemar gadget terbesar di Indonesia, Gadtorade. Tweetnya bisa diikuti di @gadtorade.
Minggu, 09 Feb 2020 08:21 WIB

Takut! Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP China, Apa Iya?

Lucky Sebastian - detikInet
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone Virus corona bisa menyebar lewat HP China? Foto: Unsplash
Jakarta -

Pemberitaan tentang virus corona lagi ramai-ramainya dan bikin khawatir. Apalagi ada informasi yang bilang kalau virus corona juga bisa menular dari HP China dan barang-barang lainnya yang dikirimkan dari China. Apa benar?

- Fitra -

Jawaban:

Pertama, walau istilahnya sama, virus pada ponsel atau perangkat komputer bukanlah organisme hidup seperti pada virus penyakit. Pada ponsel atau komputer sama-sama dinamakan virus karena cara menyebar atau infeksinya mirip. Tetapi, virus komputer ini adalah kode digital, bukan penyakit yang bisa menular kepada makhluk hidup.

Karena virus corona berasal dari China, ada orang-orang yang sepertinya membuat joke atau candaan bahwa virus ini bisa menyebar lewat ponsel merek China. Tetapi kemudian, berkembang menjadi hoax atau berita bohong yang dipercaya sebagian orang yang minim informasi.

Jadi, sama sekali tidak benar bahwa virus corona bisa menyebar lewat ponsel brand asal China. Kedua, ada sebagian orang yang juga takut menerima paket dari China. Mereka takut di paket tersebut menempel virus corona. Misalnya, bisa saja virus menular dari pengirim yang mungkin terjangkit atau lewat kurir yang mengirim paket.

Takut! Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP China, Apa Iya?Foto: WHO

Badan kesehatan resmi dunia atau WHO, sudah mengumumkan berbagai fakta tentang virus corona. Virus ini tidak bisa bertahan hidup lama ketika menempel pada benda mati. Jadi walaupun misalnya pengirim paket orang yang terinfeksi virus corona dan bersin mengenai paket saat membungkus paket, virus ini tidak akan bertahan hidup di atas benda mati, dalam waktu yang tidak lama virus ini akan mati, dan penerima paket akan aman-aman saja.

WHO pun sempat membantah mitos kalau paket yang dikirimkan dari China bisa menularkan virus corona. Nah, jangan takut menerima paket dari China, dan tetap update dengan informasi yang benar. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu cek ulang setiap informasi yang beredar di media sosial atau WA group agar kita terhindar dari hoax.

Takut! Virus Corona Bisa Menyebar Lewat HP China, Apa Iya?
(rns/rns)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.