Benarkah Radiasi Ponsel Membahayakan Bayi?

KlinikINET

Benarkah Radiasi Ponsel Membahayakan Bayi?

Lucky Sebastian - detikInet
Jumat, 20 Des 2019 13:54 WIB
Ilustrasi bayi. Foto: iStock
Jakarta - Saya ingin memperdengarkan musik dari ponsel ke anak saya. Tapi banyak yang bilang bahaya jika mendekatkan ponsel ke bayi karena adanya radiasi (saya tidak punya speaker) Apakah benar? Berarti selama ini kalau saya tidur suka meletakkan ponsel di samping kepala apakah juga bahaya karena terpapar radiasi sinyal ponsel? Bagaimana solusinya? Apakah harus dalam keadaan mode pesawat atau sinyal datanya dimatikan? (Farida)

Jawab:

Masalah radiasi dari ponsel terhadap kesehatan, sampai sekarang memang masih menjadi perdebatan. Belum ada studi yang bisa menyimpulkan bukti-bukti yang nyata.

WHO sebagai lembaga kesehatan dunia PBB, memang pernah menyatakan sinyal radiasi dari smartphone mungkin berpotensi karsinogenik atau menyebabkan kanker. Tetapi belum ada hasil studi solid yang mengatakan bahwa penyebab kanker ini pasti sinyal radiasi smartphone.

Tetapi untuk janin, bayi, dan anak-anak, memang ada beberapa studi kesehatan yang menyarankan agar tidak mendekatkan ponsel dekat mereka. Salah satu alasannya karena perkembangan otak dan tempurungnya belum sempurna, sehingga berpotensi berlipat lebih berbahaya dibandingkan orang dewasa yang sudah sempurna perkembangannya.

Jika tidak punya speaker eksternal atau mau didengarkan pelan-pelan takut mengganggu yang lain, memang langkah mematikan sinyal ke airplane mode, menjadi salah satu langkah yang lebih aman untuk bayi bisa mendengarkan musik dari ponsel.

Saat airplane mode dinyalakan, fungsi penerimaan dan pengiriman sinyal dimatikan, ini berarti juga koneksi data. Dengan mendengarkan musik dari smartphone sambil mengaktifkan airplane mode, tidak ada lagi gelombang sinyal dipancarkan, selain sinyal selular, juga WiFi dan Bluetooth, hanya gelombang suara saja, sehingga lebih aman untuk bayi.

Benarkah Radiasi Ponsel Membahayakan Bayi?


Simak Video "Suramnya Industri Ponsel Dihantam Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)