KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Sabtu, 12 Okt 2019 15:04 WIB

KlinikINET

Ponsel Sudah Factory Reset, Apa Data Masih Bisa Diambil?

Lucky Sebastian, - detikInet
Ilustrasi Smartphone. (Foto: Unspslah) Ilustrasi Smartphone. (Foto: Unspslah)
Jakarta - Halo, saya mau tanya. Hape saya kan mau dijual dalam kondisi tidak pakai memori card dari awal pakai sampai sekarang, jadi semua data ada di internal. Kalau dilakukan reset factory apakah semua data akan terhapus bersih tanpa bisa direcover kembali? Karena tadi kan saya baca ada artikel yang bilang bahwa data yang sudah direset factory masih bisa direcover, jadi sebelumnya harus diencrypt dahulu. Mohon penjelasannya Terimakasih. (titania suanto)

Jawaban:


Memang betul, walau sudah di factory reset, ada kemungkinan menggunakan aplikasi recovery data, data-data lama pada smartphone yang sudah di factory reset masih bisa dikembalikan.

Ini dimungkinkan karena saat kita menghapus data digital, bukan seperti tulisan pensil yang dihapus hingga tidak terlihat lagi, tetapi seperti di tip-x, untuk bisa ditulis data baru di atasnya.

Untuk lebih yakin, ketika akan di factory reset memang sebaiknya data di enkripsi terlebih dahulu, dimana fitur ini biasanya ada di setting, security, encrypt data. Tetapi kebanyakan smartphone baru sekarang, datanya otomatis sudah dienkripsi by default, sehingga lebih aman. Untuk lebih sulit di-recovery, kita juga bisa melakukan dua hal ini.


Pertama, setelah enkripsi data dan factory reset, isi smartphone dengan data dummy atau data palsu, misalnya film-film video, gambar-gambar umum, sampai internal memory hampir penuh, kemudian enkripsi lagi dan factory reset lagi.

Kedua kita bisa menggunakan aplikasi shredder, atau penghancur data, seperti kalau di kantoran mesin yang mencacah kertas-kertas berisi data. Berbagai aplikasi penghapus data permanen atau shredder data ini bisa di-download di Google Play.

Setelah dipilih dan diinstall, hapus data-data pribadi kita di smartphone dengan aplikasi ini, kemudian baru di factory reset.

Simak Video "Realme Masuk ke Jajaran 5 Ponsel Ngetop di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.