KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Senin, 06 Mei 2019 17:19 WIB

KlinikINET

Banting atau Lempar Ponsel ke Ranjang, Bahaya Tidak?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Ilustrasi Ponsel. (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images) Ilustrasi Ponsel. (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Jakarta - Apakah kebiasaan melempar atau membanting ponsel ke ranjang atau tempat empuk lainnya berbahaya? Bila iya, apa saja bahayanya? Terima kasih. (Dycakid)

Jawaban:

Salah satu test ketahanan smartphone di pabrik adalah dengan menjatuhkannya dari ketinggian tertentu, atau menggunakan mesin rotasi yang membuat smartphone terbentur. Hampir semua brand mengiklankan hal ini untuk membuat kita sebagai pelanggan lebih percaya terhadap ketahanan produknya.
Contoh test ini bisa dilihat di sini.

Jadi seharusnya melempar smartphone ke kasur atau tempat empuk sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja kita tidak tahu seberapa tahan smartphone kita saat diuji di pabrik atau apakah memang melewati uji tersebut.




Atau bisa saja saat kurang beruntung, smartphone yang dilempar ke kasur memantul dan jatuh ke lantai atau membentur dinding. Benturan yang keras bisa saja memecahkan layar atau body kaca, atau jika hardware di dalamnya tidak tertata baik bisa saja membuat part tertentu menjadi renggang.

Kebanyakan barang elektronik, apalagi memiliki layar, biasanya diminta digunakan dengan lebih hati-hati. Kalau melempar smartphone sudah menjadi kebiasaan yang sulit hilang, salah satu cara adalah memberikannya casing tambahan yang berkualitas bagus. Misalnya ada casing yang bersertifikat military grade atau MIL-STD, atau memilih smartphone yang memang standarnya untuk digunakan di area yang tidak biasa, misalnya untuk militer, olahraga ekstrem, atau ekspedisi, yang sering disebut dengan varian "active" yang lebih tahan benturan dan air.


(jsn/krs)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed