KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Jumat, 03 Mei 2019 12:15 WIB

KlinikINET

Cara Mengembalikan File Enkripsi di Android

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Ilustrasi. (Foto: detikINET/Adi FR) Ilustrasi. (Foto: detikINET/Adi FR)
Jakarta - Saya telah mengenkripsi SD Card di Gadget Android Samsung. Setelah mengalami error HP sering restart terus menerus maka dilakukan Wipe, setelah itu SD Card yang tadi tidak dapat menampilkan Picture maupun dokumen yang lain, padahal kapasitas file di SD Card masih ada.

Mohon bantuan suhu detikINET, bagaimana cara memulihkan kembali file yang ada di dalam SD Card tersebut? Harus kemana? dan apakah itu sudah benar benar tidak dapat dipulihkan kembali? Karena data sangat penting. (Khurnia Ramadhani)



Jawaban:

Ide dari enkripsi SD card ini memang untuk keamanan data. Smartphone hilang atau dicuri, biasanya smartphonenya sendiri terlindung penggunaan password atau kunci biometrik, tanpa ini, data di internal storage kita relatif aman untuk tidak dilihat atau digunakan pencuri.

Tetapi data di SD card bisa dengan mudah dibaca lewat perangkat lain, misal card reader atau smartphone lain. Untuk itu demi keamanan data menyeluruh, diberikan fitur untuk enkripsi SD card, sehingga ketika SD card dicoba dibaca di perangkat lain, tidak akan terbaca.

Masalahnya ada 2 kunci di enkripsi SD card ini, satu kunci hardware, berupa data perangkat yang digunakan saat enkripsi (smartphone atau tablet), dan satu kunci password (atau pattern atau pin) untuk unlock smartphone.




Kedua kunci ini tidak di sync ke cloud atau kemanapun demi keamanan, dan disimpan di dalam RAM (Random Access Memory) perangkat. Jadi saat perangkat di wipe, atau di hard reset, data di RAM ini pun dihapus, termasuk kunci untuk dekripsi SD card.

Saat kita pertama melakukan enkripsi SD card, memang diberikan informasi lebih dahulu, kalau SD card tidak akan bisa dibaca di perangkat lain setelah di-enkripsi, atau pada perangkat yang sama kalau di factory reset.

Pengguna disarankan harus melakukan dekripsi SD card terlebih dahulu sebelum melakukan wipe atau factory reset. Karena tingkat enkripsi level tinggi ini, sepertinya anda harus merelakan data di SD card tersebut, tetapi SD card masih bisa digunakan dengan memformat ulang, yang biasanya dibutuhkan bantuan aplikasi lain seperti partition manager.

enkripsi sd cardenkripsi sd card Foto: Dok. Lucky Sebastian



(jsn/krs)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed