BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Rabu, 07 Mar 2018 13:15 WIB

KlinikINET

Menyimpan Baterai Li-Polymer Biar Awet Meski Tak Dipakai

Lucky Sebastian - detikInet
Ilustrasi. Foto: Internet Ilustrasi. Foto: Internet
Jakarta - Saya ingin menanyakan cara untuk menyimpan baterai Li-Polymer dalam jangka waktu yang lama. Saya membeli baterai smartphone, dan baterai yang asli mau saya simpan.

Tetapi, saya tidak ingin kehilangan performa baterai smartphone saya yang asli. Jadi, bagaimana caranya agar baterai Li-Polymer saya bisa awet walaupun tidak digunakan berbulan-bulan? (Syarif)

Jawaban:

Ada beberapa tahapan untuk menyimpan baterai Li-Poly atau Li-ion agar bisa bertahan lama.

1. Pastikan baterai yang akan disimpan, disimpan di tempat yang kering, tidak terkena matahari, dan bersuhu sekitar 15-25 derajat. Hindari tempat yang lembab, jika akan di taruh di laci dan kemungkinan laci tersebut lembab, sebaiknya masukkan baterai ke dalam toples atau container yang rapat.

Meletakkan beberapa bungkus silica gel di dalam laci untuk menjaga kekeringan juga dianggap baik.

2. Pastikan baterai yang akan disimpan di charge dulu sekitar 40%-50%, jangan sampai penuh. Ini untuk menghindari voltage drop selama penyimpanan. Lebih baik lagi jika kita memiliki multi-meter atau volt-meter untuk mengukur tegangan baterai.

Setelah baterai diisi sekitar 40-50%, diamkan selama 90 menit baru ukur. Rata-rata voltage 40-50% baterai penuh akan ada di 3.8V.

3. Setelah berbulan-bulan di simpan, ada baiknya diukur kembali voltage baterai tersebut, jangan sampai berada di bawah 2.5V, karena baterai akan masuk fase "tidur", yang tidak baik untuk sel-selnya bertahan. Kalau sudah mendekati ambang bawah sebaiknya di charge hingga 40-50% kembali. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.