KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Senin, 17 Apr 2017 10:25 WIB

KlinikINET

Apa Bedanya Gadget KW Original dan KW Super?

Konsultan - Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Di counter gadget sering menjual beragam accesoris seperti baterai atau charger KW Original, KW Super maksudnya apa ya? Apakah barangnya KW tapi kualitasnya seperti pabrikan resminya atau hanya istilah penjual saja untuk menipu konsumen?

Jawaban:

KW ini sebenarnya singkatan dari kwalitas, dan kalau di dunia elektronik KW berarti barang palsu. Aslinya istilah KW ini dipakai oleh produk keramik, hanya bedanya di produk keramik, KW bukan berarti palsu tetapi menunjukkan standar kualitas.

Dalam proses pembuatannya setelah melalui quality control, ada keramik yang pembakarannya baik, warnanya sama, ukurannya presisi, menjadi kualitas utama, dan sisanya yang tidak lolos quality control menjadi KW2 atau KW3 dengan berbagai kekurangan, seperti ukuran yang tidak presisi, warna yang berbeda, bercak, retak, dan lain-lain.

Istilah KW di counter ponsel, adalah bahasa halus dari kata palsu, produk tersebut secara fisik menyerupai produk asli, tetapi bukan dibuat atau seijin pabrikan asli.

Produk KW ini juga memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung pembuatnya, makanya para penjual bisa mengeluarkan istilah lain lagi seperti KW super, KW original, yang bermaksud mengatakan: walau palsu tetapi kualitasnya bagus.

Tetapi seperti tujuan pembuatannya, tetap saja barang KW ini adalah barang palsu, tidak mendapat ijin dan lisensi dari pemegang merek, dan mendompleng merek yang asli untuk mendapat keuntungan.

Selain barang KW, ada juga accesoris pihak ketiga (3rd party) yang memiliki merek sendiri dan membuat asesoris yang kompatibel dengan smartphone yang kita gunakan. Bahkan banyak merek memiliki standar dan lisensi yang teruji.

Salah satu contoh, misalnya ingin membeli charger atau powerbank dengan teknologi quick charger, pihak pemilik lisensi (Qualcomm) memberitahu secara resmi di websitenya daftar brand yang memiliki certified accessories. (jsn/rns)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..