BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Senin, 17 Apr 2017 10:25 WIB

KlinikINET

Apa Bedanya Gadget KW Original dan KW Super?

Konsultan - Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Di counter gadget sering menjual beragam accesoris seperti baterai atau charger KW Original, KW Super maksudnya apa ya? Apakah barangnya KW tapi kualitasnya seperti pabrikan resminya atau hanya istilah penjual saja untuk menipu konsumen?

Jawaban:

KW ini sebenarnya singkatan dari kwalitas, dan kalau di dunia elektronik KW berarti barang palsu. Aslinya istilah KW ini dipakai oleh produk keramik, hanya bedanya di produk keramik, KW bukan berarti palsu tetapi menunjukkan standar kualitas.

Dalam proses pembuatannya setelah melalui quality control, ada keramik yang pembakarannya baik, warnanya sama, ukurannya presisi, menjadi kualitas utama, dan sisanya yang tidak lolos quality control menjadi KW2 atau KW3 dengan berbagai kekurangan, seperti ukuran yang tidak presisi, warna yang berbeda, bercak, retak, dan lain-lain.

Istilah KW di counter ponsel, adalah bahasa halus dari kata palsu, produk tersebut secara fisik menyerupai produk asli, tetapi bukan dibuat atau seijin pabrikan asli.

Produk KW ini juga memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung pembuatnya, makanya para penjual bisa mengeluarkan istilah lain lagi seperti KW super, KW original, yang bermaksud mengatakan: walau palsu tetapi kualitasnya bagus.

Tetapi seperti tujuan pembuatannya, tetap saja barang KW ini adalah barang palsu, tidak mendapat ijin dan lisensi dari pemegang merek, dan mendompleng merek yang asli untuk mendapat keuntungan.

Selain barang KW, ada juga accesoris pihak ketiga (3rd party) yang memiliki merek sendiri dan membuat asesoris yang kompatibel dengan smartphone yang kita gunakan. Bahkan banyak merek memiliki standar dan lisensi yang teruji.

Salah satu contoh, misalnya ingin membeli charger atau powerbank dengan teknologi quick charger, pihak pemilik lisensi (Qualcomm) memberitahu secara resmi di websitenya daftar brand yang memiliki certified accessories. (jsn/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed