BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Selasa, 28 Feb 2017 15:00 WIB

KlinikINET

Ponsel Jarang Dipakai Kok Malah Rusak?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Jarang dipakai kok ponsel malah rusak ya? Jadi saya punya ponsel HTC dan itu disimpan lama di lemari, ketika saya ingin pakai kameranya malah buram. Kok bisa ya, padahal saya jarang pakai. Apakah barang elektronik yang lama ga dipakai akan seperti itu? (Dian)

Jawaban:

Barang elektronik yang lama tidak digunakan memang bisa rusak karena dipengaruhi kondisi tempat di mana barang tersebut disimpan. Tempat seperti di dalam lemari, laci, biasanya cenderung dingin dan lembab, bisa membuat hardware di dalamnya terpengaruh, misal menjadi berkarat atau berjamur.

Baterai pada smartphone yang lama ditinggalkan pada smartphone di dalam lemari juga bisa rusak. Jika smartphone lama disimpan di lemari dan tidak digunakan, ada baiknya 2 minggu atau 1 bulan sekali dikeluarkan dan di-charge hingga setengah atau tiga-perempat penuh, kemudian dimatikan dan disimpan kembali.

Untuk kasus kamera HTC anda, lensa kameranya kemungkinan besar berembun dan berjamur sehingga foto yang dihasilkan menjadi buram.

Jika kita perhatikan, para fotografer kebanyakan memiliki lemari atau kotak khusus untuk menyimpan kamera dan lensa mereka. Lemari dan kotak khusus tersebut dibuat untuk menjaga agar lensa tidak menjadi lembab dan berjamur.

Udara di negara tropis seperti kita memang tinggi kandungan air, dan ini berpengaruh untuk ketahanan barang-barang elektronik. (jsn/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed