Apa Beda USB OTG dan USB Host?

KlinikINET

Apa Beda USB OTG dan USB Host?

konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Kamis, 09 Jun 2016 10:18 WIB
Foto: engadget
Jakarta - Saya pernah lihat ada ponsel yang dilengkapi USB OTG tapi saya juga pernah lihat spesifikasi ponsel yang hanya dukung USB Host. Banyak penjelasan di internet yang belum jelas, kebetulan ponsel saya punya hanya mendukung USB Host dan tablet mendukung USB OTG. Jadi Apa perbedaan dari kedua fitur ini? (Hanif NA)

Jawaban:

Host mode memungkinkan perangkat smartphone bertindak sebagai "Tuan Rumah" dan mengontrol perangkat lain (peripheral) yang sering disebut sebagai slave. Biasanya host mode ini, sebelumnya hanya umum dimiliki oleh PC.

Semenjak OS Android 3.1 (Honeycomb), smartphone Android sudah dilengkapi kemampuan host mode. Seharusnya device yang sudah mendukung USB OTG (On The Go), berarti sudah support host mode, dan kemungkinan besar berlaku kebalikannya.

Tetapi memang pada beberapa perangkat tertentu, walau sudah mendukung support host mode, ternyata tidak mendukung USB OTG. Ini bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya OS, driver dan kernel yang belum berjalan lengkap atau sempurna pada perangkat.

Beberapa perangkat google Nexus juga sempat mengalaminya, dan baru berjalan ketika menggunakan aplikasi tambahan atau saat update OS.

Untuk mengecek apakah device kita support OTG, banyak aplikasi di Google Play yang bisa membantu, seperti Easy OTG Checker, USB Host Check, USB OTG Checker, dan lain-lain.

Cara paling mudah tentu saja kalau kita memiliki perangkat OTG, misalnya flashdisk dengan port micro USB. Ada perangkat yang otomatis mendeteksi perangkat lain yang dihubungkan ke portnya, ada perangkat yang kita harus aktifkan terlebih dahulu fitur OTGnya pada setting.

Jika device kita support OTG, banyak perangkat lain bisa dikoneksikan, bukan hanya flashdisk, misalnya keyboard, hard disk portable, mouse, Infra Red scanner, gamepad, dan lain-lain. (jsn/ash)