Peringatan Virus Smartphone yang Berujung Iklan

KlinikINET

Peringatan Virus Smartphone yang Berujung Iklan

konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Kamis, 28 Apr 2016 15:36 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Saya sering sekali ketika sedang browsing di browser manapun, di HP saya tiba-tiba muncul peringatan seperti ini 'ponsel anda terkena virus berbahaya, anda harus segera memperbaikinya' ternyata ujung-ujungnya saya disuruh download UC browser. Pertanyaannya, Bagaimana caranya agar peringatan jebakan itu tidak muncul lagi, karena hal itu sangat mengganggu. Terima kasih. (Encum Mulady)

Jawaban:

Sebenarnya yang Anda alami sebenarnya hanya iklan, yang sayangnya disampaikan dengan trik yang menakutkan dan menjebak. Salah satu fungsinya memang untuk menaikkan rating pengguna aplikasi yang harus di-download tersebut.

Jadi cara paling ampuh sebenarnya salah satunya selain mengenal jebakan tersebut, adalah blok browser kita dari iklan.

Sayangnya kita tahu Android dibangun oleh Google yang memang mendapatkan penghasilan utama dari iklan dan banyak pengembang aplikasi juga memperoleh penghasilan dari iklan. Jika browser Anda Google Chrome, agak sulit menerapkan blok terhadap iklan kecuali device Anda di-root.

Beberapa merek smartphone seperti Samsung dan Asus, pada internet browser bawaannya mendukung untuk diinstal aplikasi tambahan ad blocker, yang banyak macamnya dan tersedia di playstore. Ketika aplikasi blok iklan ini diinstal dan diaktifkan untuk bekerjasama dengan browser, maka iklan-iklan tidak akan tampil lagi, termasuk iklan jebakan tersebut, bahkan laman web cenderung akan di-loading dengan lebih cepat.

Jika smartphone Anda sekarang ini brand lain, selain lewat rooting, bisa mencoba browser lain, misalnya Firefox, dan installkan add on ad blocker. (jsn/ash)