Cara Memantau Lokasi Anak via Smartphone

KlinikINET

Cara Memantau Lokasi Anak via Smartphone

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Senin, 23 Nov 2015 15:36 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya orang tua yang sibuk bekerja yang memiliki anak saat ini sudah sekolah. Di sini saya ingin sekali mengetahui sekaligus memantau lokasi keberadaannya dimana dan kemana anak saya pergi tapi tanpa sepengetahuannya. Bisakah seperti itu? Jika bisa bagaimana tahapnya? (Rita)

Jawaban:

Sebenarnya banyak aplikasi tracker di playstore android, bahkan bukan hanya memantau posisi tetapi bisa membaca sms, mengetahui log telepon, email, browser dll. Aplikasi ini syaratnya harus di-install di smartphone atau tablet bersangkutan, kemudian kita melacaknya dengan berlangganan kepada server penyedia jasa tersebut.

Contoh aplikasi ini seperti sms tracker yang bisa dilihat disini https://goo.gl/Lyt419. Tetapi saat ini google tidak mengijinkan aplikasi tracker bekerja tanpa pemilik handphone menyadari kalau handphonenya dilacak, karena menyangkut masalah privasi. Jadi selain tidak boleh menyembunyikan icon aplikasi tersebut, juga akan ada notifikasi di smartphone yang dilacak ketika proses pelacakan berlangsung.

Sebenarnya kita bisa menggunakan aplikasi yang memang sekarang digunakan smartphone sebagai perlindungan untuk mengetahui keberadaan smartphone yang hilang. Untuk android device kita bisa menggunakan google device manager, untuk iPhone kita bisa menggunakan find my iPhone.

Jika menggunakan kedua aplikasi ini tidak ada yang harus kita install di smartphone mereka, hanya cukup mengaktifkannya. Untuk android masuk ke setting, security, device administrator, dan aktifkan Android Device Manager.
Biasanya untuk device-device sekarang posisi pemantauan ini sudah aktif secara default.

Pada iPhone, dibagian setting pilih iCloud, kemudian aktifkan find my iPhone. Kedua fitur ini mensyaratkan satu hal, harus mengetahui akun gmail yang digunakan untuk android atau apple ID untuk iPhone. Jika mengetahui akun yang digunakan tersebut, tinggal membuka web untuk mengetahui keberadaan device tersebut.

Android device manager bisa dibuka disini Find my iPhone bisa dibuka disini Atau untuk Android bisa dengan mudah search di google dengan kata “find my phone”, maka web pertama yang akan dibuka adalah layanan tersebut.



Untuk ketepatan melihat lokasi, jangan lupa, pada device yang di track harus diaktifkan dibagian location. Jika location ini diaktifkan, gps pada device akan bisa bekerja dan memberikan posisi yang lebih tepat.



Karena peraturan dikenakan google pada aplikasi tracking untuk menampilkan informasi notifikasi kalau device sedang di track, begitu juga google harus memperlakukan dirinya. Akan ada notifikasi pada device yang di track setiap kali device tersebut dicari keberadaannya.

Trik untuk menghilangkan notifikasi ini mudah, pada bagian setting, sound and notification, dibagian app notification, cari aplikasi google play service. Block notifikasi untuk aplikasi ini, maka ketika device sedang di track tidak akan ada notifikasinya.



Sekarang tinggal kreativitas anda untuk bisa mengetahui akun dan password gmail (google) anak anda atau apple ID nya.

Untuk android yang bisa multiple alamat gmail, sebenarnya bisa juga dibuatkan satu buah akun gmail untuk bersama, yang mana akun tersebut bisa digunakan pada beberapa device bersamaan. Untuk lebih menarik, misalnya akun ini digunakan untuk membeli aplikasi, sehingga aplikasi berbayar tersebut bisa digunakan di beberapa device yang memiliki akun yang sama.

Masukkan akun ini di device yang akan di track, dan anda bisa mentrack device tersebut tanpa perlu mengetahui akun google anak anda, dengan alasan ia bisa menggunakan device tersebut tanpa harus membeli aplikasi sendiri.

Harap diingat, jika akun bersama ini digunakan, berarti Anda juga bisa di track balik jika anak anda mengerti caranya.

Cara lain yang bisa digunakan, jika smartphone yang digunakan memiliki layanan pencarian smartphonenya sendiri. Misal seperti yang ditawarkan Samsung lewat find my mobile https://goo.gl/K8u88D. Layanan ini cukup diaktifkan dengan memasukkan akun Samsung di smartphone tersebut.

Mengaktifkan dua layanan sekaligus bisa berguna, jika layanan yang satu sedang tidak berfungsi.




(jsn/ash)