Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tak Dikenal

KlinikINET

Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tak Dikenal

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Senin, 21 Sep 2015 11:15 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Adakah cara atau aplikasi untuk melacak nomor ponsel yang tidak dikenal dan melacak ponsel yang hilang secara akurat? (Tobimuhamad)

Jawaban:

Jika kita ingin melacak ponsel orang lain yang kita tahu nomornya, dan ingin diketahui sedang berada di mana, ini tidak bisa dilakukan. Jika kita bisa melakukannya, ini akan dikategorikan sebagai penyadapan. Penyadapan hanya boleh dilakukan oleh instansi negara dan institusi keamanan tertentu.

Jika ada aplikasi, seperti yang ada di PlayStore atau AppStore yang mengatakan bisa mengetahui posisi nomor yang ingin diketahui, biasanya aplikasi tersebut hanya dipergunakan untuk prank alias iseng.

Paling jauh dari aplikasi semacam tersebut kita bisa mengetahui dari deretan angka nomornya, apakah nomor tersebut milik operator tertentu dan diperuntukkan untuk digunakan di regional daerah mana, walaupun belum tentu pemakainya tinggal di regional tersebut.

Tetapi jika kita bisa mengakses smartphone yang dipergunakan nomor tersebut dan menginstal aplikasi untuk menyadap, maka penyadapan pribadi bisa dilakukan. Misalkan jika ingin dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, atau kantor kepada para pekerjanya. Hanya hal ini juga harus dipertimbangkan apakah tidak menyalahi aturan privasi.

Beberapa aplikasi lain, seperti whoscall, bisa memberitahukan data nama penelepon berdasarkan database yang terekam di internet atau memang di-share para penggunanya yang mengetahui nomor telepon tersebut milik siapa. Tetapi tentu saja tidak semua data nomor telepon ada disana.

Untuk melacak ponsel hilang, bisa dilakukan dengan beberapa cara, asalkan dari pertama kita sudah mempersiapkannya. Jika smartphone kita Android, di bagian setting, security, Device Administrator, bagian Android Device Manager harus diaktifkan.

Setelah diaktifkan, kita bisa melihat posisi device kita via aplikasi device manager di playstore, atau melalui web dengan membuka browser Chrome dan mengetikkan "find my phone", kemudian memasukkan akun google yang bertalian dengan device tersebut. Selain bisa melihat lokasi, kita juga bisa menguncinya, menghapus data, atau membuatnya berdering.

(jsn/ash)