Kembali ke OS Semula, Bisakah dengan Factory Reset?

KlinikINET

Kembali ke OS Semula, Bisakah dengan Factory Reset?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Senin, 07 Sep 2015 10:44 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Smartphone saya di-upgrade dari Android Lollipop 5.0 menjadi 5.1.1, namun setelah di-upgrade kok malah jadi lemot. Saya berencana melakukan factory reset apakah bisa mengembalikan OS-nya menjadi Lollipop 5.0? (Ademsss)

Jawaban:

Sayangnya Anda tidak menjelaskan apa tipe dan merek smartphone Android anda, karena berbeda merek, bisa berarti berbeda perlakuan.

Intinya tidak mudah untuk kembali ke OS sebelumnya, walaupun bisa dilakukan. Apalagi jika OS update yang Anda pergunakan sekarang, juga turut meng-update versi bootloader. Belum lagi sebagian vendor mengunci bootloadernya demi alasan keamanan, sehingga untuk bisa turun OS kita harus mencari cara untuk meng-unlock bootloadernya terlebih dahulu.

Jika device Anda Nexus dari Google, bisa dengan download factory image yang lama, dan melakukan flash. Jika device Anda Samsung, bisa menggunakan bantuan aplikasi Odin. Cara lebih jelas menggunakan Odin bisa dilihat di sini.

Seharusnya upgrade OS resmi yang dikeluarkan vendor adalah perbaikan dari OS sebelumnya. Selain penambahan dan perubahan fitur, biasanya juga ada perbaikan di sistem keamanannya. Mengapa device Anda di-upgrade malah menjadi lambat, seringkali bukan karena masalah OS nya yang jelek, tetapi karena beberapa data lama dan aplikasi-aplikasi lama yang terinstal ada yang sudah tidak cocok, dan sering crash di belakang.

Memang cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik ketika device android kita upgrade ke OS yang lebih tinggi dan lompatannya cukup besar, adalah melakukan factory reset dan memulai lagi dalam keadaan clean.

Untuk lebih jelasnya kita pernah membahas hal yang mirip di sini.

(jsn/ash)