Cara Downgrade Jelly Bean ke Ice Cream Sandwich

KlinikINET

Cara Downgrade Jelly Bean ke Ice Cream Sandwich

- detikInet
Selasa, 18 Agu 2015 13:04 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya sudah satu tahun menggunakan Samsung Galaxy tab. Dan produk tersebut sudah di-upgrade ke OS Android Jelly Bean v4.2.2. Yang mau saya tanyakan, bagaimana cara downgrade ke OS Ice Cream Sandwich v4.0.3. (Khairi Iwandi)

Jawaban:

Downgrade device Samsung bisa menggunakan bantuan aplikasi ODIN, aplikasi yang memang didesain untuk ROM flashing tools. Untuk bisa downgrade Anda membutuhkan sebuah PC, yang sudah memiliki USB driver Samsung.

Jika Anda mengkoneksikan tablet Anda dan dikenali oleh PC dengan baik, kemungkinan besar drivernya sudah terinstall. Jika tidak dikenali berarti harus meng-install dahulu drivernya, yang bisa Anda googling sesuai dengan versi Windows yang anda gunakan.

Untuk mendapatkan aplikasi Odin bisa di-download di banyak tempat, salah satunya di sini Setelah memiliki aplikasi Odin, yang dibutuhkan berikutnya adalah firmware sesuai device anda, yang bisa di-download di sini

Untuk panduan flash firmware dengan Odin, bisa coba dilihat video ini, walaupun video ini tidak menggunakan device seperti yang Anda miliki, tetapi prinsipnya sama

(jsn/ash)