Perlukah Windows Phone Diinstal Antivirus?

KlinikINET

Perlukah Windows Phone Diinstal Antivirus?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Kamis, 25 Jun 2015 11:54 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya pengguna Lumia 535. Saya ingin bertanya, apakah di Windows Phone perlu dipasang antivirus? Jika iya antivirus apa yang cocok untuk Windows Phone? Terimakasih (Ilham Ap)

Jawaban:

OS Windows Phone cukup tertutup. Pada WP 8 ke atas, setiap aplikasi memiliki app container sandboxnya sendiri-sendiri, sehingga satu aplikasi dan aplikasi lainnya terpisah dan tidak diijinkan saling mengontrol. Dengan kondisi ini, seharusnya sulit untuk virus menyerang aplikasi lain atau sistem operasi.

Memang kita tidak bisa mengatakan bahwa ada OS yang 100% kebal virus, setiap operating system bisa jadi memiliki celah yang bisa dimanfaatkan oleh malware.

Sementara itu, pada Windows Phone store sendiri kita juga kesulitan untuk menemukan aplikasi anti virus, yang benar-benar memang aplikasi untuk anti virus.

Lagipula biasanya pembuat virus kebanyakan hanya mau membuat virus untuk OS yang banyak penggunanya, karena kesulitan pekerjaan pembuatan virusnya sama, tetapi impact-nya akan menjadi sedikit jika pengguna OS nya tidak banyak.

Sementara ini sepertinya belum dibutuhkan anti virus untuk Windows Phone.

(jsn/ash)