Tak Bisa Download Karena Background Data Dimatikan, Mengapa?

KlinikINET

Tak Bisa Download Karena Background Data Dimatikan, Mengapa?

- detikInet
Rabu, 20 Mei 2015 16:26 WIB
Google Play
Jakarta -

Saya menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4, mengapa saya tidak bisa download aplikasi di PlayStore karena penggunaan data latar belakang dinonaktifkan. Saya sudah menghapus tanda centang di pengaturannya tapi tetap saja latar belakang dibatasi.

Saya pernah coba menghapus data di pengaturan manajer aplikasi playstorenya itu dan berhasil untuk mendownload tapi hanya sementara nanti muncul kembali latar belakang dibatasi. Mohon solusinya. (Vidya Lusita Sari)

Jawaban:

Pembatasan data latar belakang (background data), bisa diakses dalam dua menu di Samsung Galaxy S4.

Pertama lewat menu setting (pengaturan), data usage (penggunaan data), more menu (tiga titik di pojok kanan atas), restrict background data.

Kedua lewat menu setting (pengaturan), Power Saving (Hemat Daya), Power Saving Mode.

Pastikan ketika sedang mendownload aplikasi dari playstore, mode hemat daya jangan sedang aktif. Juga perhatikan kalau-kalau sampai kita mengaktifkan pembatasan jumlah koneksi data. Misalkan kita melimit koneksi data kita 1 GB sebulan. Setelah kapasitas ini terpenuhi, otomatis device akan menghentikan layanan data. Ini bisa diatasi dengan menggeser slider limit data lebih atas lagi.



Jika sudah tidak dicentang pembatasannya tetapi masih kesulitan mengunduh aplikasi dari playstore, bisa di cek beberapa cara ini:

1. Koneksi Data.

Koneksi data yang lambat juga akan memberi informasi kegagalan dalam mengunduh aplikasi di playstore. Coba switch antara koneksi dengan WiFi atau dengan selular. Kalau memungkinkan dicoba juga pindah lokasi dan pindah titik WiFi.

2. Download Manager harus On.

Masuk ke Setting, App, App Manager, All Apps, dan cari aplikasi Download Manager. Jika tertera pilihan Enable disana, berarti kondisi download manager sekarang sedang mati, klik enable. Tetapi jika pilihannya disable, berarti download manager ini sedang berjalan.

3. Available Storage

Pastikan memory di internal storage masih cukup untuk mendownload aplikasi

4. Clear Cache dan Clear Data dari Aplikasi Playstore

Masuk ke Setting, App, Manage App, pilih All Apps dan cari aplikasi Playstore. Lakukan clear cache dan clear data.

5. Uninstall Playstore Update.

Sama seperti langkah di poin D, tetapi kali ini pilih uninstall playstore update, kemudian force close. Kemudian jalankan lagi aplikasi playstore, dan tunggu otomatis aplikasi tersebut akan mengunduh lagi update terbaru. Jadi pastikan kita sedang berada di jaringan internet. Setelah selesai update, coba lagi mengunduh aplikasi dari playstore.

6. Upadate System

Cara paling terakhir ini mencoba mengupdate system ke OS yang terbaru. Masuk setting, about phone, check system update. Kalau tersedia update, silahkan unduh dan install. Ada juga beberapa kemungkinan lain yang bisa menghambat download dari playstore. Misalnya, kalau anda menemukan ada pilihan Developer Option (opsi pengembang) di bagian Setting, coba cek di bagian Do not keep activities. Bagian ini jangan di centang. Kemudian di bawahnya ada pilihan Limit Background Process, jangan dibatasi, pilih standard limit.



Kemudian yang terakhir, coba cek apakah anda menginstal aplikasi penghemat daya, seperti Du battery, Battery Doctor dll. Coba uninstall dulu aplikasi2 tersebut, restart device, dan kemudian mencoba lagi mengunduh dari PlayStore.



(Josina/Ardhi Suryadhi)