Menghapus Data Ponsel Secara Keseluruhan Tanpa Jejak

KlinikINET

Menghapus Data Ponsel Secara Keseluruhan Tanpa Jejak

- detikInet
Kamis, 23 Apr 2015 15:55 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Bagaimana cara menghapus memori ponsel secara keseluruhan tanpa meninggalkan jejak karena ponsel tersebut milik kantor. Bagaimana solusinya? Terima kasih. (Indra Kusumawidjaja)

Jawaban:

Memang ketika kita men-delete sebuah data pada memori, sebenarnya kita tidak benar-benar menghapusnya, tetapi mempersiapkan tempatnya untuk diisi oleh data lain.

Jadi sebenarnya bukan hal yang aneh kalau data, teruma foto, bisa ditarik ulang. Ini terjadi pada memori card handphone baik internal maupun external, juga pada kamera, bahkan hardisk yang rusak atau terformat sekalipun. Data-data tersebut masih mungkin diambil ulang dengan bantuan aplikasi seperti rescue data disk dan lain-lain.

Untuk membuat data di smartphone Android lebih sulit ditarik kembali, bisa dengan cara meng-encrypt storage memori terlebih dahulu sebelum melakukan format.

Pilihan untuk meng-encrypt storage biasanya sudah ada di setiap smartphone Android. Adakalanya menu tersebut berada di bagian security, dan beberapa tipe smartphone lain ada di setting, storage (penyimpanan). Di sana kita akan menemukan menu phone storage encryption atau Encrypt SD Card content. Kalau kita aktifkan menu ini maka kita akan diminta membuat pin atau password untuk bisa mengakses data storage kita.

Setelah di-encrypt, baru lakukan factory reset. Bekas data di dalamnya akan lebih sulit lagi diakses. Jika kita mau lebih yakin lagi, setelah melakukan langkah di atas dan melakukan factory reset , isi lagi phone storage-nya sampai penuh dengan data lain yang tidak penting. Misalkan lagu atau film.

Kemudian encrypt lagi dan factory reset lagi. Data yang baru akan mengubur data lama kita lebih tanpa jejak dan sulit dicari ulang.

Atau bisa juga sebelum di-factory reset, hapus dulu data kita menggunakan beberapa pilihan aplikasi penghapus data yang tersedia di PlayStore, misalnya iShredder yang bisa di unduh di sini.

(jsn/ash)