Cara Menambah RAM Android dengan Swap

KlinikINET

Cara Menambah RAM Android dengan Swap

- detikInet
Selasa, 21 Apr 2015 11:32 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Bagaimana cara menambah RAM Android dengan cara swap? Karena saya menggunakan aplikasi RAM Expander tidak cocok, awalnya saja lancar beberapa menit kemudian lag nggak jelas. Saya coba melalui CWM file zip-nya tidak terbaca padahal sudah ditaruh difolder roor SD card. (Andhika Pro Dit Minuscule)

Jawaban:

Tidak diragukan lagi memang sehari-hari kita sekarang semakin bergantung dengan smartphone. Beban pemakaiannya pun semakin lama semakin berat. Karena sifatnya yang multitasking, OS Android bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan, dan jumlah RAM yang cukup sangat berperan di sini.

Device Android entry level biasanya memiliki RAM terbatas berkisaran 512 MB sampai 1 GB. Seringkali ukuran RAM tersebut bisa jadi tidak cukup untuk sebagian orang, karena masing-masing bergantung dari seberapa banyak dan ragam jenis aplikasi yang di-install.

RAM dan aplikasi, ibarat jalanan dengan mobil. Untuk bisa menampung banyak mobil berjalan sekaligus, kita membutuhkan jalan yang lebih lebar. Aplikasi-aplikasi chatting dan social media adalah salah satu jenis aplikasi yang biasanya akan selalu mengokupansi RAM.

Sebenarnya OS Android sendiri bisa mengatur penggunaan aplikasi secara otomatis, dimana aplikasi yang sedang berjalan dan cukup lama standby tanpa digunakan, akan ditutup jika kondisi RAM sudah sempit dan dibutuhkan aplikasi lain untuk berjalan.

Tapi sayangnya memang seringkali banyak aplikasi, di antaranya chatting dan media sosial akan otomatis berjalan lagi ketika sudah ditutup, sehingga RAM cepat menjadi habis, dan aplikasi akan terasa lambat atau bahkan tidak bisa berjalan.

Selain pilihan membeli device dengan RAM yang lebih besar, kita bisa mencoba cara yang lebih murah dengan menggunakan aplikasi seperti RAM expander.

Cara ini intinya menjadikan kartu memori kita sebagai bagian dari RAM. Secara kinerja memang cara ini tidak bisa menjadi solusi total, karena bagaimanapun kecepatan kartu memory eksternal tidak akan secepat RAM asli.

Untuk menjadikan kartu memori sebagai RAM, kita bisa mencoba aplikasi Roehsoft RAM Expander (Swap), yang bisa diunduh di sini. Tetapi sebelumnya device kita harus di-root terlebih dahulu. Perhatikan juga sebelum melakukan root, apakah ada peraturan dari brand device Anda yang menjadikan proses root ini menggugurkan garansi.

Jika device sudah di-root, proses berikutnya harus mengecek dahulu apakah device kita kompatibel dengan aplikasi RAM Expander, karena aplikasi ini sangat bergantung dengan jenis kernel yang digunakan di device. Untuk itu kita menginstalkan terlebih dahulu aplikasi MemoryInfo & Swapfile Check yang bisa diunduh di sini.

Jika aplikasi check tersebut mengatakan device kita kompatibel, baru dilanjutkan dengan menginstall aplikasi RAM Expander. Jika dikatakan tidak cocok, coba memilih ROM atau Custom ROM dengan kernel yang cocok terlebih dahulu sesuai dengan type device kita.

Perhatikan juga memory card yang kita gunakan,tidak semua memory card kabarnya cocok dengan aplikasi ini. Ada penurunan kecepatan jika memakai memory card class 8. Jangan lupa backup data di memory card sebelum dijadikan swap RAM, karena isinya kemungkinan terhapus. RAM maksimal yang bisa kita buat dengan aplikasi ini adalah 4 GB.

(jsn/ash)