Membeli Aplikasi di PlayStore dengan Potong Pulsa Telkomsel

KlinikINET

Membeli Aplikasi di PlayStore dengan Potong Pulsa Telkomsel

- detikInet
Jumat, 27 Mar 2015 11:03 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya menggunakan dua akun di Galaxy S4. Akun utama saya tidak terdapat pilihan beli via pulsa tetapi di akun yang kedua terdapat tombol beli pulsa via Telkomsel. Saya mau bertanya kenapa akun pertama saya tidak terdapat pilihan tersebut sementara di kedua ada? Lalu saya coba bikin akun baru lagi dan terdapat pilihan tersebut. Mohon bantuannya terima kasih. (William Steven)

Jawaban:

Saya menangkap maksud Anda di sini adalah membeli aplikasi di Google PlayStore, tetapi tidak menggunakan cara yang standar melalui kartu kredit, melainkan melalui pemotongan pulsa dari operator.

AFAIK memang sekarang di Indonesia sudah ada dua operator yang memungkinkan kita membeli aplikasi Android berbayar, melalui pemotongan pulsa bagi yang menggunakan sistem prabayar, atau akan ditagihkan menjadi bagian dari billing telepon jika menggunakan kartu pascabayar.

Pada kasus Anda, akun pertama tidak ada pilihan untuk bisa menambah metode pembayaran via pulsa ada beberapa kemungkinan. Pertama, akun tersebut domainnya bukan @gmail.com. Karena kita bisa juga menggunakan domain perusahaan atau domain pribadi untuk Google PlayStore, asal hostingnya di Google.

Kedua, akun @gmail.com yang digunakan harus akun negara Indonesia. Terkadang memang kita selain bisa membuat akun Gmail untuk Indonesia, bisa juga membuat akun gmail berdasarkan negara lain, misal Amerika, yang kadang diperlukan untuk mengakses aplikasi-aplikasi, majalah, atau musik yang tidak tersedia di akun negara kita.

Untuk mereka yang belum mengetahui cara untuk membuat akun PlayStore bisa digunakan untuk membeli aplikasi berbayar via pemotongan pulsa (Telkomsel), begini caranya:

- Buka aplikasi Google PlayStore

- Swipe dari kiri untuk menampilan menu PlayStore.

- Pilih Menu My Account

- Akan ada menu tambahan “Add Payment method”, pilih Enable Telkomsel Billing

- Masukkan data yang diminta, seperti nomor telepon, nama, alamat, dll.

Setelah menu pembayaran ini siap, maka ketika kita membeli aplikasi, tinggal masukkan pilihan cara pembayaran via operator billing atau pemotongan pulsa ini.

(jsn/ash)