Tips Mengatasi Ponsel Sering Restart Sendiri

KlinikINET

Tips Mengatasi Ponsel Sering Restart Sendiri

- detikInet
Selasa, 24 Mar 2015 11:22 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya mempunyai Galaxy Nexus, setiap kali dinyalakan dalam beberapa saat kemudian akan restart sendiri. Bagaimana cara memperbaiki masalah ini? terima kasih sebelumnya (andreas utomo)

Jawaban:

Sebenarnya banyak hal yang mungkin bisa menyebabkan sebuah device restart. Restart juga sebenarnya salah satu bentuk proteksi dini dari device (OS), ketika mendeteksi ada sesuatu yang tidak sesuai dengan alur programnya, device akan restart, untuk mengulang alur, atau mencegah kesalahan tersebut tidak menyebar dan membahayakan device.

Tetapi restart juga bisa disebabkan karena bug pada operating system, atau ada kerusakan pada hardware.

Cara di bawah ini adalah cara yang paling umum untuk mencoba memperbaiki, dengan mencoba kembali kepada settingan awal, atau factory reset.

Factory reset bisa melalui menu setting (setting/backup and reset/factory data reset), jika perangkat masih bisa dijalankan, atau melalui tombol hardware jika perangkat sudah segera reset loop, sebelum sempat menu setting di akses. Ini langkah-langkahnya:

1. Matikan unit (atau bisa dengan mencabut dan memasang kembali baterai)

2. Tekan dan tahan tombol volume down dan volume up, kemudian tekan dan tahan tombol Power bersamaan sampai device menyala. Akan terlihat menu dengan kata "Start" dengan tanda anak panah.

3. Tekan tombol volume down dua kali sampai keluar tulisan "Recovery mode."

4. Tekan tombol power untuk masuk recovery mode. Akan terlihat logo ikon robot Android dengan tanda segitiga merah dan tulisan "no command."

5. Tekan dan tahan tombol power, kemudian tekan dan lepas tombol Volume Up.

6. Tekan tombol volume down tiga kali untuk memilih "wipe data/factory reset" dan tekan tombol power untuk memilihnya.

7. Tekan tombol volume down sampai menyorot kalimat "Yes-erase all user data" dan tekan tombol power untuk mengeksekusinya. Device akan di-factory reset.

8. Setelah proses reset selesai, pilih untuk me-reboot device.

Device Anda akan kembali ke settingan pabrik, dan data yang pernah ada di dalamnya akan dihapus. Jadi kalau ada data yang penting dan masih memungkinkan di-backup, di-backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

(jsn/ash)