Mengapa Mounting Baru Beda Dari Mount DSLR?

KlinikINET

Mengapa Mounting Baru Beda Dari Mount DSLR?

Enche Tjin, - detikInet
Jumat, 01 Mei 2020 05:10 WIB
fotografer kamera
Mengapa Mounting Baru Beda Dari Mount DSLR? (Foto: Unspslah)
Jakarta -

Kenapa transisi ke zaman mirrorless beberapa pabrikan seperti Canon & Nikon buat mounting baru yang beda dari mount DSLR-nya. (Irsyad Afif)

Jawaban:

Mounting baru diperlukan di kamera mirrorless karena mounting yang lama dioptimalkan untuk sistem kamera DSLR yang memiliki kotak cermin di dalam kameranya. jika mounting lama tetap digunakan, maka kamera mirrorless tetap akan berukuran besar dan tebal, kemungkinan juga lensa-lensanya juga tetap sama dengan kamera DSLR.

Padahal kelebihan utama sistem mirrorless adalah kemungkinan untuk merancang kamera yang lebih tipis, kecil dan ringan.

Dengan menggunakan mount baru, Canon, terutama Nikon dapat merancang mount dengan ukuran yang besar sehingga memudahkan bagi desainer lensa untuk membuat lensa dengan bukaan yang sangat besar (f/1.2 atau f/0.95) misalnya.

Selain itu, koneksi elektronik bisa ditambah sehingga mempercepat komunikasi antara kamera dan lensa sehingga berpengaruh meningkatkan kinerja kamera secara keseluruhan.

Memang ada kekurangan dari keputusan membuat mount baru, yaitu pemilik lensa-lensa DSLR mau nggak mau harus menggunakan adaptor untuk memasangnya ke kamera mirrorless dengan mount baru. Beberapa lensa lama mungkin tidak bisa autofokus. Meskipun demikian, membuat mount baru lebih bagus untuk jangka panjang.

Ukuran mount lensa Nikon Z lebih besar dari Nikon F yang digunakan di kamera DSLR, tapi keseluruhan ukuran kamera mirrorless Nikon Z lebih kecil dan ramping daripada kamera DSLR.Ukuran mount lensa Nikon Z lebih besar dari Nikon F yang digunakan di kamera DSLR, tapi keseluruhan ukuran kamera mirrorless Nikon Z lebih kecil dan ramping daripada kamera DSLR. Foto: Dok. Enche Tjin


Simak Video "Jokowi Pelajari Pembangunan Ibu Kota di Negeri Kanguru"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)