Tips Izin Motret Orang Tidak Dikenal

Tips Izin Motret Orang Tidak Dikenal

Enche Tjin, - detikInet
Kamis, 30 Apr 2020 11:31 WIB
fotografer kamera
Tips Izin Motret Orang Tidak Dikenal. (Foto: Unspslah)
Jakarta -

Bagaimana caranya supaya bisa percaya diri saat street photography? Saya masih takut ambil foto orang yang tidak dikenal, takut dimarahi? (Bayu Teguh)

Jawaban:

Rasa takut, atau malu saat memotret orang yang tidak dikenal saat travel atau street photography merupakan hal yang wajar, tapi tidak perlu berlebihan. Sumber ketakutan kita sebenarnya adalah dari dalam diri sendiri. Jadi pertama kali kita harus menyadari bahwa apa yang akan terjadi tidak akan seburuk yang disangka.

Dalam pengalaman saya memotret street photography di ruang publik di pasar, di kelenteng, dan taman kota, hampir seluruh orang yang saya potret secara candid cuek dan tidak marah.

Memang, ada satu dua kejadian yang bisa membuat orang marah, misalnya kita dengan sengaja memotret orang yang penampilannya tidak ideal, atau mengganggu aktivitas orang, misalnya saat di pasar, kita memotret orang-orang yang sedang makan dengan mulut penuh makanan dan sedang mengunyah, tentunya ekspresi orang tersebut tidak enak dilihat.

Atau kita terlalu lama berdiri di depan toko orang sehingga menghalangi calon pembeli untuk melihat-lihat atau masuk ke dalam toko.

Cara yang terbaik mungkin sebelum memotret, kita harus berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Kita tidak mungkin mau memotret orang yang tidak dikenal tersebut tanpa alasan bukan? Mungkin orang yang ingin Anda potret itu mengenakan baju yang menarik, Anda bisa memujinya bajunya terlebih dahulu, lalu minta izin memotret. Saya rasa orang tersebut akan senang dengan Anda dan akan bersedia dipotret.

Pada awalnya, memotret orang asing akan terasa sangat sulit, tapi dengan praktik berulang-ulang, rasa percaya diri Anda akan terus meningkat.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)