Mending Beli Kamera Jadul High-end atau Baru Tapi Mid-range?

Mending Beli Kamera Jadul High-end atau Baru Tapi Mid-range?

Enche Tjin - detikInet
Kamis, 06 Feb 2020 14:39 WIB
kamera sigma fp
Ilustrasi kamera. Foto: Enche Tjin
Jakarta -

Misalnya kamera A dan B punya harga yang mirip-mirip. Lebih baik beli kamera A yang dirilis sudah agak lama tapi high-end di zamannya, atau mending beli kamera B yang keluaran baru tapi mid-range?

- Fajar -

Jawab:

Kamera baru, meskipun mid-range biasanya punya teknologi yang lebih maju atau advance terutama di bidang prosessor dan software yang memungkinkan fiturnya lebih banyak dan kinerjanya lebih cepat.

Tapi di sisi lain, kamera yang high-end biasanya memiliki keunggulan di built-quality kamera yang lebih baik, misalnya terbuat dari logam magnesium atau alumunium dibanding plastik sehingga lebih tahan banting.

Selain itu, kamera high-end biasanya punya nafas atau buffer yang lebih besar, sehingga memotret berturut-turut bisa lebih lancar. Kamera high-end biasanya juga punya jendela bidik yang lebih besar sehingga mengkomposisikan foto bisa lebih akurat.

Memilih kamera yang mana, tentunya tergantung kebutuhan dan keinginan. Kalau untuk bekerja atau mempriotaskan kamera yang lebih kuat dan tahan lama, biasanya kamera high-end lama lebih bagus. Tapi kalau untuk hobi atau senang utak-atik fitur-fitur kamera yang canggih, kamera baru lebih menarik.

(rns/rns)