KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Sabtu, 26 Okt 2019 09:25 WIB

KlinikINET

Lebih Baik Beli Paket Lensa Kit atau Body Only?

Josina - detikInet
Ilustrasi. Foto: Dok. Boredpanda Ilustrasi. Foto: Dok. Boredpanda
Jakarta - Mau nanya bang, kalau beli kamera. Bagus nya beli kamera langsung lensa kit. Atau body only aja...atau beli body only, terus beli lensa yang agak bagus dari lensa kit nya. Gimana bagus nya bang?" (Sundaga)

Jawaban:


Lensa kit itu lensa yang dipaketkan dengan kamera seperti lensa 18-55mm, 15-45mm, 16-50mm dan sejenisnya. Biasanya kualitas lensanya standar tapi cocok untuk pemula karena supaya bisa langsung pakai untuk motret dan lebih murah jika beli paket langsung daripada terpisah.

Di kamera pemula, yang harganya di bawah 6 jutaan, seringkali kamera sudah dipaketkan dengan kit dan tidak tersedia opsi untuk membeli body-only, tapi kalau yang lebih canggih biasanya ada opsi bisa beli body-only.


Untuk kamera yang ada opsi beli body-only, biasanya nambah 1 jutaan sudah dapat lensa kit. Kalau dibandingkan dengan beli terpisah lebih mahal.

Jadi untuk pemula saya sangat menyarankan beli dengan lensa kit karena nambah dikit dan kalau mau jual lagi juga tidak rugi banyak.

Sedangkan bagi yang punya budget cukup besar dan ingin lensa yang bagus dari awal, lebih baik beli body only kemudian beli lensa yang lebih bagus. Tapi jangan kaget kalau lensa yang bagus harganya bisa mendekati atau bahkan lebih mahal dari kameranya.

Simak Video "Video NASA Detik-detik Merkurius Lintasi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.