KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Minggu, 04 Agu 2019 09:33 WIB

KlinikINET

Mengapa Kamera Nikon D5100 Sulit Autofokus?

Enche Tjin, - detikInet
Ilustrasi. (Foto: Dok. Infotografi) Ilustrasi. (Foto: Dok. Infotografi)
Jakarta - Mengapa kamera Nikon D5100 saya tidak bisa autofokus, pada saat di-switch ke AF pada lensa afs 55-200mm tombol shutter tidak bisa ditekan. (bambang wratsongko)

Jawaban:

Lensa Nikon AF-S 50-200mm compatible dengan Nikon D5100, artinya bisa autofokus dan bisa digunakan untuk memotret. Jika memang tidak bisa autofokus dan memotret, bisa jadi motor lensanya rusak, dan perlu di kalibrasi.


Tapi yang sering terjadi juga adalah lensanya tidak dipasang dengan baik, saat memasang lensa, pastikan bahwa ada suara "klik" yang mana merupakan tanda lensa sudah terpasang dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan kamera.

Selain itu perlu dipahami juga lensa 50-200mm termasuk lensa telefoto yang hanya bisa fokus subjek yang agak jauh. Jarak minimum fokus lensa ini yaitu 1.1 meter, jika posisi kamera terlalu dekat dengan subjek, fokus tidak bisa didapatkan sehingga kamera menolak untuk dijepret. Hal ini juga berlaku meskipun menggunakan MF/Manual fokus.

Simak Video "Melihat Kecanggihan Panel OLED dari LG yang Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.