KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Minggu, 02 Jun 2019 16:58 WIB

KlinikINET

Pakai Canon 7D Kenapa Sangat Noise?

Enche Tjin - detikInet
canon eos 7D. (Foto: istimewa) canon eos 7D. (Foto: istimewa)
Jakarta - Saya menggunakan Canon 7D, kenapa noise banget ya di ISO 400 ? (Rony Bilberry)

Jawaban

Kamera DSLR 7D meskipun termasuk kamera profesional, tapi merupakan kamera generasi lama karena diluncurkan pertama kali di tahun 2009. Jadi kualitas sensor gambarnya sudah tergolong kurang baik jika dibandingkan dengan kamera generasi saat ini.

Artinya normal-normal saja jika hasil jepretan kamera ini kurang bagus di ISO yang menengah atau tinggi karena hadirnya noise atau bintik-bintik di foto yang mengurangi detail dan kesan tajam.




Perlu diketahui juga jika kita memotret di kondisi kurang cahaya, noise akan lebih banyak muncul dibandingkan dengan saat kita foto di cahaya yang cukup meskipun ISO-nya sama.

Jadi pastikan kita punya cahaya yang cukup, jika cahaya kurang, maka sebaiknya gunakan pencahayaan tambahan, misalnya lampu kilat, lampu LED (dari ponsel juga kadang membantu) untuk menerangi subjek foto sehingga hasilnya lebih baik. Jika subjek tidak bergerak, bisa gunakan tripod dan ISO 100.


(jsn/krs)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.