Apa Kegunaan Perceptual Megapixel?

KlinikINET

Apa Kegunaan Perceptual Megapixel?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Jumat, 19 Feb 2016 15:38 WIB
Foto: GettyImages/Junko Kimura
Jakarta - Dalam fotografi, saya sering menemukan istilah Perceptual Megapixel. Apakah yang dimaksud Perceptual Megapixel dan apa kegunaannya? -Tommy Trisula-

Jawaban:

Perceptual Megapixel (P-MP) adalah istilah yang dicetuskan oleh DXO Lab, sebuah perusahan pembuat software yang dapat meneliti kualitas lensa termasuk ketajaman.

Menurut DXO, P-Mpix adalah unit untuk mengukur ketajaman. Semakin tinggi nilainya, kombinasi kamera dan lensa semakin baik. Jika nilai P-Mpix mendekati megapixel dari kamera, maka lensa tersebut memiliki kualitas ketajaman yang tinggi. Demikian juga sebaliknya, bila nilai P-Mpixnya relatif rendah dibandingkan dengan total megapixel kamera, maka kualitas ketajaman lensanya rendah.

Misalnya, jika sebuah kamera dengan sensor 24 Megapixel dan dipasangkan lensa dengan nilai P-Mpix 18 Megapixel, berarti sesungguhnya kombinasi lensa dan kamera tersebut hanya dapat menghasilkan foto dengan kualitas setara 18MP.



M-Pix sangat berguna bagi fotografer yang sedang membandingkan dua lensa atau lebih yang direncanakan untuk dipasang di kamera yang sama. Contohnya, lensa Carl Zeiss 135mm f/2 APO memiliki nilai sempurna yaitu 36 M-Pix, sedangkan lensa Tamron 28-300mm hanya memiliki nilai 10 M-Pix. Data kombinasi lensa dan kamera bisa diperiksa di situs DXOmark.com.



(jsn/rns)