Lensa atau Mesin, Mana Lebih Penting bagi Kamera?

KlinikINET

Lensa atau Mesin, Mana Lebih Penting bagi Kamera?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Selasa, 16 Feb 2016 11:32 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Om mau tanya donk. Kekuatan SLR sebenarnya ada di lensa atau mesin? Saya mau ganti kamera tapi ada yang bilang ganti lensa saja. Mohon masukannya ya om terima kasih? (Thyth Swastika)

Jawaban:

Dua-duanya. Kualitas gambar ditentukan oleh kualitas sensor gambar dan prosesor kamera. Sensor kamera mempengaruhi sensitivitas terhadap cahaya. Kamera yang bagus, saat memotret di kondisi gelap kualitasnya baik.

Selain itu, kecepatan kamera, kualitas jendela bidik dan monitor, daya tahan terhadap cuaca, air dan debu juga tergantung dari kualitas kamera.

Di lain pihak, lensa juga banyak mempengaruhi kualitas gambar dari ketajaman, kontras, sampai warna. Untuk membuat foto-foto dengan efek khusus, lensa juga banyak berperan.

Contohnya lensa berbukaan besar mudah membuat bagian yang tidak fokus menjadi tidak tajam/blur. Bagian yang tidak fokus/tidak tajam sering juga disebut bokeh.

Lensa yang memiliki jarak fokus panjang atau disebut juga lensa telefoto dapat membuat objek foto yang jauh bisa terlihat dekat dan besar.

Sedangkan lensa yang bisa mencakupi area yang luas disebut lensa lebar. Setiap lensa yang dipasangkan ke kamera memiliki ciri sendiri dan membuat foto yang sifatnya berbeda-beda. (jsn/ash)