Mengapa Muncul 'Busy' di Kamera?

KlinikINET

Mengapa Muncul 'Busy' di Kamera?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Kamis, 17 Des 2015 12:41 WIB
ilustrasi
Jakarta -

Mas mau tanya, Kamera DSLR Canon saya muncul keterangan 'Busy', kenapa seperti itu dan bagaimana solusinya? (Anna K.)

Jawaban:

Tanda “BUSY” itu diberikan biasanya saat kita ingin memotret, tapi kamera belum siap untuk menerima masukan data baru. Bisa jadi karena buffer memory kamera sudah penuh, misalnya sesaat sebelumnya digunakan untuk foto berturut-turut.

Bisa jadi juga saat mengunakan built-in flash di tempat yang gelap. Saat itu, flash mengeluarkan banyak tenaga sekali foto, sehingga membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menarik daya dari baterai sampai siap kembali memotret.

Solusi untuk meringankan masalah pertama adalah dengan mengunakan memory card yang kecepatannya lebih tinggi, atau kalau foto berturut-turut sering digunakan, maka sebaiknya mengganti kamera yang lebih profesional, yang memiliki buffer lebih lapang.

Solusi untuk masalah flash, adalah menggunakan flash external yang memiliki baterai sendiri, atau menaikkan ISO sehingga flash tidak perlu bekerja terlalu keras. Akibatnya waktu daur ulang tenaga bisa lebih cepat.

Jika solusi diatas masih belum menghilangkan tanda “BUSY” Maka sebaiknya kamera tersebut di bawa ke pusat servis, karena ada kemungkinan ada komponen kamera rusak yang perlu diganti.

(jsn/ash)