Apa Pengaruh Kualitas & Ukuran File RAW?

KlinikINET

Apa Pengaruh Kualitas & Ukuran File RAW?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Kamis, 15 Okt 2015 15:33 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Nikon D810 punya S-RAW 9 MP, 11 bit pada kameranya, Sedangkan Nikon D90 punya RAW 12 MP. Yang menjadi pertanyaan, apa keistimewaan format S-RAW berukuran 9 MP pada Nikon D810 dengan format RAW berukuran 12 MP pada Nikon D90? (Adi Pratama)

Jawaban:

S-RAW. S singkatan dari Small, adalah pilihan image size (ukuran foto) yang tersedia di Nikon D810. Kelebihan foto RAW berukuran kecil ini adalah tidak memakan banyak tempat di memory card. Filenya telah dikecilkan di dalam kamera.

Sebenarnya file RAW utuh dari Nikon D810 adalah 36 megapixel, tapi mungkin tidak semua fotografer membutuhkan resolusi sebesar itu, misalnya saat memotret hal-hal yang sifatnya informatif seperti foto papan pengumuman, catatan, dan hal-hal yang tidak akan dicetak dalam ukuran besar.

Dibandingkan dengan file quality JPG, file RAW 11 bit punya keunggulan saat kita perlu mengedit foto, seperti menerangkan bagian yang gelap, atau menggelapkan bagian yang terlalu terang.

Sedangkan, file RAW 12 MP di Nikon D90 merupakan file RAW utuh, mencakup seluruh megapixel kamera. Secara detail, file RAW 12 MP tentu menyimpan detail yang lebih banyak daripada S-RAW Nikon D810, tapi secara kualitas ketajaman, kehalusan noise saat memotret di ISO tinggi, S-RAW Nikon D810 akan unggul karena sensor gambarnya berukuran lebih besar dan juga lebih baru teknologinya. Nikon D90 keluaran tahun 2008 dan Nikon D810 dikeluarkan tahun 2014.

(jsn/ash)