Rekomendasi Laptop untuk Digital Imaging

KlinikINET

Rekomendasi Laptop untuk Digital Imaging

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Rabu, 22 Jul 2015 10:59 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Pak Enche, minta rekomendasi laptop untuk digital imaging (Lightroom dan Photoshop), mereknya apa & spesifikasinya yang bagaimana (RAM, hardisk, VGA card, dll), yang harganya tidak semahal Mac tapi kualitasnya bagus? Terimakasih (Anto)

Jawaban:

Untuk spesifikasi, yang paling penting adalah spesifikasi prosesor yang memproses data dan meng-handle data-data besar. Saat ini foto file ukurannya besar-besar karena resolusinya tinggi. Rekomendasi saya, pilih processor yang kecepatannya tinggi, minimal 2 core (dua inti). Processor seperti Intel i5 dan i7 sudah cukup bagus untuk editing foto.

RAM (Random Access Memory) merupakan hal yang penting setelah processor. RAM membuat kecepatan komputer tidak melambat saat kita membuka beberapa file foto, video, musik dan aplikasi lain dalam waktu yang sama. Minimal 4 GB, tapi lebih besar lebih baik, rekomendasi saya 8 GB atau 16 GB.

Hardisk: Hardisk yang lambat akan membuat loading foto menjadi sangat pelan, saran saya pilih hardisk dengan kecepatan cukup tinggi seperti 7200 rpm. Harddisk berjenis SSD (Solid State Drive) lebih cepat lagi, tapi harganya tinggi dan kapasitasnya sedikit. Mungkin di masa depan bisa lebih murah dan kapasitasnya lebih tinggi. Biasanya, saya menyimpan file foto dan video di external hardisk. Kapasitas hardisk yang saat ini tergolong standar adalah 1-2 TB (1.000-2.000 GB).

VGA/Graphic card: Untuk mengolah foto dan video tidak begitu penting. Card ini lebih penting untuk proses video, animasi, tiga dimensi. Tidak ada salahnya punya Graphic card terpisah dari motherboard yang memiliki memory sekitar 2-4GB untuk antipasi keperluan edit foto-video di masa depan.

Monitor: Monitor seringkali dicuekin, tapi memegang peranan penting untuk mengedit foto. Monitor yang kurang bagus menampilkan foto kurang tajam, dan warnanya tidak akurat. Saran saya, resolusi foto yang bagus sekitar 1.920x1.080 (HD), tapi lebih bagus lagi jika resolusinya 2.560x1.440 pixel (WQHD) atau 4K (3.840x2.160). Layar dengan teknologi IPS bagus untuk laptop, karena sudut pandang jadi lebih lebar, tapi membuat layar monitor lebih tebal dibandingkan dengan layar LCD.

(jsn/ash)