Batas Usia Kamera Sebelum Rusak

KlinikINET

Batas Usia Kamera Sebelum Rusak

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Kamis, 11 Jun 2015 11:35 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Apakah benar semua kamera akan rusak, kalau benar buat apa orang membeli kamera mahal dan menabung untuk membeli sesuatu yang pasti rusak? Mohon pencerahannya terimakasih. (Dewo)

Jawaban:

Semua buatan manusia apalagi elektronik tentu suatu waktu akan rusak, kadang di bawah setahun, kadang masih bisa digunakan setelah puluhan tahun. Pada dasarnya, orang-orang membeli kamera yang berkualitas untuk digunakan untuk membuat foto, bukan untuk koleksi semata, jadi jika suatu saat kamera rusak juga tidak apa-apa dan merupakan suatu kewajaran.

Lantas sebenarnya berapa kira-kira usia sebuah kamera? Hal ini tergantung dari kualitas kamera. Komponen yang paling cepat rusak biasanya adalah komponen shutter. Biasanya, komponen ini akan rusak rata-rata setelah 50.000 kali jepret, dan kualitas yang lebih bagus bisa mencapai 100.000 dan 150.000.

Jika komponen ini rusak, masih bisa diperbaiki, tapi biasanya biayanya cukup lumayan, yaitu sekitar 25% dari harga kamera, sehingga banyak yang memilih membeli kamera baru saja yang lebih canggih daripada memperbaiki kamera dengan shutter yang rusak.

Selain itu faktor usia juga mempengaruhi kerusakan dari komponen-komponen lainnya. Spare part kamera digital biasanya dijual sekitar 10 tahun sejak kamera diluncurkan, setelah itu, spare part kamera baru biasanya tidak diproduksi lagi.

Jadi setelah kira-kira 12-15 tahun, jika ada komponen kamera yang gagal berfungsi, maka kamera tersebut tidak bisa diperbaiki lagi.



(jsn/ash)